GOWA – Civitas Akademik Teknik Informatika, UIN Alauddin Makassar (TI-UINAM) kembali menggelar agenda tahunan rutin yakni, Pengabdian Kepada Masyarakat Masyarakat (PKM) yang digelar di dua tempat yaitu di Aula Kecamatan dan Gedung PGRI dan bertajuk “Pelatihan E-commerce dan Pemasaran Digital bagi Pengelola Bumdes” serta tema kedua “Aplikasi Pengelolaan Data Kependudukan bagi Aparat Desa” terakhir “ Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Smartphone untuk Guru”.

Baca Juga : Bersama STP dan LP2M Unhas, Pemkab Luwu Utara Gelar Sosialisasi Prodes Inovasi Society 5.0

Kegiatan ini digelar selama dua hari mulai tanggal 5 hingga 6 Maret 2022, di Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone.

Implementasikan Tridarma Perguruan Tinggi, CItivitas Akademik TI-UINAM Gelar PKM
“Pelatihan E-commerce dan Pemasaran Digital bagi Pengelola Bumdes”

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan TI-UINAM, Faisal S.T.,M.T., mengatakan kegiatan ini digelar sembagai pengimpelemntasian salah satu nilai dari tridarma perguruan tinggi yang rutin digelar tiap tahun.

“Kegiatan ini bagian dari tridharma perguruan tinggi yang setiap tahun dilaksanakan secara rutin,” katanya.

Ia juga menghaturkan terima kasih kepada Camat Lamuru yang telah mensupport kegiatan tersebut.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Camat lamuru,” haturnya.

Camat Lamuru, Marsuki,S.Sos., M.Si. juga mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang digelar di wilayahnya.

“Terima kasih tim jurusan TI yang telah hadir memberikan pelatihan,” ucapnya.

Menurutnya pelatihan pengelolaan data penduduk sangat urgent karena pendataan di beberapa desa belum optimal, jadi Ia berharap agar kegiatanin dapat membantu aparat desa.

“Kebutuhan pengelolaan data penduduk di desa-desa belum optimal. Jadi dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu bagi aparat desa untuk membenahi data-data penduduk di desa,” harapnya.

Selain itu, di tempat berbeda juga digelar pelatihan media pembelajaran bagi guru-guru yang diharap dapat membantu dalam proses pembelajaran di kondisi pandemi ini.

“Di tempat terpisah ada pelatihan media pembelajaran, sangat membantu guru-guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang sangat efektif dalam kondisi sekarang ini karena pandemik yang sepenuhnya belum pulih,” ujarnya.

Ia berharap semoga kedepannya pihak prodi Teknik Informatika UINAM akan menjalin kerjasama dengan Kecamatan Lamuru.

“Saya berharapa ada perjanjian kerjasama dengan prodi teknik informatika dengan Kecamatan Lamuru agar diprioritaskan jika ada pengabdian seperti ini,” pungkasnya.

Adapun rombongan PKM ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari dosen dan staf Jurusan Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar. Dan peserta pelatihan berjumlah 117 orang yang 63 diantarnya guru dan sisanya merupakan aparat desa se-Kecamatan Lamuru.