LEBAK – Sebuah video hoaks menunjukkan seorang anak yang diduga berasal dari Suku Baduy, Lebak, Banten sedang divaksinasi dengan vaksin COVID-19. Laporan video mengatakan, bocah itu kebal. Namun, inilah kebenarannya.

Dalam video tersebut, terlihat seorang anak laki-laki mengenakan seragam sekolah dasar siap divaksinasi. Namun, jarum suntik itu tidak mampu menembus kulit tangan anak tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Cisimeut, Kabupaten Leuwidamar Lebak, Dede Herdiansyah mengatakan video tersebut hoaks. Pihaknya mengaku belum pernah menemukan anak Baduy kebal saat divaksinasi.

Baca Juga : Hoaks! Indro Warkop Meninggal Dunia

“Kalau videonya mungkin betul ada kejadian seperti itu. Tapi, kalau dibilang itu orang Baduy itu tidak benar. Karena kami tidak menemukan ada orang Baduy yang kami suntik kebal,” ujar Dede dimintai konfirmasi, Minggu (6/3/2022).

Dede mengaku, selama memvaksinasi warga Baduy Luar dan Baduy Dalam, belum pernah ada laporan kejadian serupa. Sejauh ini, 187 orang Baduy telah divaksinasi.

“Kami melakukan vaksinasi ke orang Baduy Luar dan Dalam di Desa Kanekes (Wilayah perkampungan suku Baduy), kami sudah menyuntik sekitar 187 orang Baduy. Kesulitan kami hanya mereka belum percaya divaksin bukan soal kebal-kebalan,” katanya dikutip dari news.detik.com, Minggu (06/03/2022).

Baca Juga : Hoaks! Barang Sitaan Knalpot Dijual Polisi

Pilihan Video