MAKASSAR ­– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melalui program prioritas akan melakukan penguatan ideologi pancasila dan karakter bangsa terutama kepada kalangan anak muda Sulawesi Selatan di tahun 2022, Selasa (08/03/2022).

Baca Juga : Kesbangpol Jeneponto Ajak Ormas dan LSM Jalin Sinergi

Sekretaris Badan kesbangpol Ansyar S.stp, mengungkapkan pada tahun 2022 ini, salah satu program prioritas kesbangpol adalah penguatan ideologi pancasila dan karakter bangsa. Ia menerangkan alasan betapa pentingnya penanaman ideologi pancasila dan karakter kebangsaan, terutama untuk kalangan anak muda, melihat generasi sekarang yang mengalami penurunan kualitas pengetahuan tentang wawasan bangsanya sendiri.

“Saya teringat waktu pendaftaran CPNS, kita liat ternyata banyak pendaftar CPNS yang jatuh di ilmu umum wawawan kebangsaan, sehingga kita menyimpulkan bahwa adek-adek, anak-anak kita, termasuk generasi muda ini tidak terlalu paham tentang kebangsaan,” terangnya.

Ia melanjutkan, program ini akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan dan sosialisasi kepada beberapa instansi dan terkhusus juga kepada generasi pelajar, baik mahasiswa maupun siswa sekolah menengah atas.

”Kalau berbicara masalah penguatan ideologi pancasila tentu luas sasarannya, diantaranya mahasiswa,  anak-anak kita SMA, karena pendidikan menengah adalah kewenangan provinsi, termasuk juga ASN dan ormas,”  jelasnya.

Baca Juga : Bakesbangpol Pangkep Gelar Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Kuangan Parpol

Lebih lanjut, ia menekankan betapa pentingnya pendidikan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan ini kepada mahasiswa sebagai generasi penerus yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga mudah dimasuki banyak ideologi-ideologi. Program ini dilakukan agar ideologi yang diterimanya akrab dengan bangsanya sendiri.

“Utamanya sekarang yang mahasiswa ini, sebagai generasi penerus, yang mempunyai jiwa yang tinggi, ini sangat gampang dimasuki dengan paham-paham ideologi, tanda kutip ya, sehingga inilah kita dorong, kita berikan pahaman, memberikan sosialisasi tentang bagaimana ideologi dan wawasan kebangsaan itu,” kata dia.

Ia berharap, melalui program ini, generasi muda terutama anak SMA dan mahasiswa, belajar dengan baik karena dengan tantangan kedepan akan sangat besar., merekalah yang nantinya akan melanjutkan generasi tua sekarang ini.

“Harapan kami tentunya kepada generasi muda, Belajar dengan baik, karena generasi kelangsungan ke depan nanti sangat ditentukan oleh generasi muda, kami sebentar lagi sudah mau pensiun, dan generasi muda ini yang akan meneruskan, tentunya tantangan kedepan sangat besar,” pungkasnya.

Baca Juga : JOIN Jeneponto Terima Kunjungan Tim Kesbangpol, Ini Tujuannya !

Lanjutnya, ia menghimbau agar anak muda jangan mudah terprovokasi oleh paham-paham yang tidak jelas, terutama untuk tidak mengkonsumsi narkoba sebab merupakan penyebab rusaknya generasi.

“Bahwa pemuda sebagai generasi kedepan, dalam era globalisasi ini jangan mudah terprovokasi oleh paham-paham yang tidak jelas, dan pemuda jangan ada yang mengkonsumsi narkoba, karena  salah satu yang merusak generasi itu adalah narkoba,” imbuhnya.

Bakesbangpol juga diberi kewenangan sebagai Sekretaris dan Pelaksana Satuan Tugas Pencegahan Narkotika di Sulsel nanti akan ada Perda terkait dengan narkoba.

Pilihan Video