MAKASSAR – Hampir semua bisnis sekarang menggunakan teknologi digital untuk tumbuh.  Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya selama Anda memiliki motivasi dan tekad yang kuat, maka bisnis apa pun yang Anda jalankan bisa sukses dan menguntungkan.

Baca Juga : Adnan IYL Bahas Inovasi Hukum Daerah di Dies Natalis ke-70 FH Unhas

Selain itu, akses pasar bisnis digital masih terbuka, bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri.  Di sisi positifnya, teknologi yang terus berkembang akan memungkinkan bisnis digital memiliki peluang profitabilitas jangka panjang.

Berikut adalah beberapa ide pemasaran digital yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

1. Toko Online

Ide bisnis paling sederhana adalah membuat toko online di berbagai media, seperti media sosial, toko online, marketplace dan e-commerce hingga situs web.  Anda dapat memilih jenis bisnis B2B (business to business) satau B2C (business to cunsumer), bahkan C2C (consumer to consumer).

Anda hanya perlu memutuskan produk apa yang ingin Anda jual dan mendirikan toko online Anda menonjol.  Buat situs web untuk bangun brand, dalam hal ini sangat membantu anda untuk membangun bisnis dengan target pasar yang luas.  Anda memiliki kebebasan untuk memilih apa yang Anda inginkan supplier, reseller atau dropshipper sesuai dengan model bisnis yang dipilih.

2. Jasa Desain

Konsep bisnis digital selanjutnya adalah jasa desain.  Prospek usaha ini sangat tinggi karena pelanggannya sangat luas.  Bukan hanya pelanggan yang membutuhkan paket itu sendiri, tetapi juga bisnis mereka.

Kunci sukses dalam membangun bisnis desain grafis ini adalah dengan membuat portfolio online menarik. Memberikan layanan pembuatan poster, dan lainnya kepada pelanggan yang benar-benar membutuhkannya.

Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah melengkapi diri Anda dengan berbagai alat, seperti alat pengeditan video di smartphone alat pengeditan di laptop, aplikasi story board perangkat motion graphs, membuat video, dan lain-lain.