MAKASSAR – Pengukuhan Tomakaka Ke-29, Aidar Idrus Lapapa oleh Sri Paduka Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu Daeng Bau, bertempat di Rumah Adat Katokoan Ketomakakaan Masamba, Kemalokean Baebunta, pada Kamis (17/3/2022).

Baca Juga : Pengukuhan Forum Genre dan Konselor DP3AP2KB Lutra, Dihadiri Wabup

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani yang dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali menyaksikan pengukuhan Tomakaka Masamba, karena ini merupakan momen langka. Dan kegiatan tersebut juga merupakan untuk menghormati adat di Wilayah Luwu Utara.

“Pengukuhan Tomakaka Masamba salah satu peristiwa yang tidak setiap saat kita temui, Saya pribadin ini kali pertama saya menyaksikan pengukuhan Tomakaka Masamba. Apa yang kita saksikan hari ini adalah upaya kita untuk menghormati keberadaan adat khususnya di wilayah Masamba, Luwu Utara sekaligus menjadi bagian dalam upaya kita melestarikan tiga tunggu yang selama ini dihargai dan dilaksanakan juga dirasakan manfaatnya,” tuturnya.

Bupati Lutra juga mengapresiasi panitia yang telah menggelar kegiatan tersebut.

“Tiga tungguh itu adalah pemerintah, agama dan kehadiran adat di dalamnya. Oleh karena itu, kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menghadirkan kegiatan yang kita laksanakan hari ini,” ucapnya.

Ia berharap puang Tomakaka Masamba dapat menjadi tonggak dalam menjaga nilai adat, nilai norma agama yang positif.

“Kira titip harapan kepada puang Tomakaka Masamba semoga dapat menjadi pioner dalam menjaga nilai, terutama nilai adat sosial dan nilai norma agama yang positif berlaku di tengah kita,” harapnya.

Terakhir, Ia menerangkan bahwa kehadirannya di pengukuhan tersebut menjadi doa untuk Puang Tomakaka Masamba agar selalu diberikan kekuatan dalam mengawal Pangandaran di wilayah adat Ketomakaan Masamba.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Wakil Bupati Luwu Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara, Kapolres Luwu Utara, Ketua KPU Luwu Utara, Ketua Bawaslu Luwu Utara,  para pemangku adat Se-tanah Luwu, Pimpinan SKPD lingkup pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara.