JAKARTA – Alhajie Musa Kamara, mahasiswa Internasional asal Afrika berhasil meraih gelar magister dan wisudawan terbaik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam gelaran wisuda pada Kamis, 17 Maret 2022.

Mahasiswa yang kerap disapa Musa menceritakan, menempuh pendidikan di Indonesia tidak mudah. Ia menyesuaikan dengan budaya dan bahasa berbeda.

“Beruntung, sebelum masa perkuliahan dimulai, kami diajari bahasa dan budaya Indonesia di lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang ada di Kampus Putih. Pembelajaran tersebut berlangsung selama satu tahun,” ujar Mus seperti dilansir di laman resmi UMM pada Kamis, 17 Maret 2022.

Baca Juga : Inspiratif! 2 Perempuan Tangguh Raih Wisudawan Terbaik STIM LPI Makassar

Musa mendapatkan pengalaman yang unik dari proses pembelajarannya di Indonesia. Menurutnya, cara belajar amat lucu karena diajari seperti anak kecil yang baru belajar bicara menggunakan bahasa Indonesia.

“Meskipun lucu, cara pengajaran seperti itu yang membuat kami lancar berbahasa Indonesia,” ungkap mahasiswa asal Sierra Leone, Afrika Barat tersebut.

Tak hanya terkendala di bahasa, pandemi Covid-19 yang menerpa dunia termasuk Indonesia juga membuat masyarakat harus cepat beradaptasi dengan teknologi di segala bidang. Begitupun juga yang dialami oleh Musa. Ia mengaku tidak terlalu paham dengan penggunaan-penggunaan aplikasi untuk pembelajaran yang diterapkan oleh kampus. Namun berkat bantuan teman-teman dan dosen, ia dapat melakukannya dengan baik.

“Meskipun berat, para dosen selalu sigap memberi kami dorongan untuk belajar. Hal itulah yang memotivasi saya untuk belajar dengan giat. Selain itu teman-teman jurusan juga dengan senang hati membantu saya ketika kesulitan memahami sebuah materi,” kata Musa.

Ada beberapa kebijakan yang membuat Musa takjub selama menjalani perkuliahan di UMM. Akses terhadap jurnal dan buku sangat gampang. Bahkan perpustakaan kampus tetap menerima mahasiswa di masa pandemi, meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat. Mus mengatakan akses terhadap informasi juga sangat mudah didapatkan melalui website maupun dengan menghubungi dosen secara langsung.