LUWU UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menggelar Rapat Persiapan menyambut bulan suci ramadhan dan evaluasi penanggulangan vaksinasi Covid-19.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara pada Selasa, 22 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, terdapat dua agenda yaitu persiapan menyambut bulan suci ramadan dan terkait evaluasi capaian vaksinasi covid-19.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Resmikan Gedung RKB Raudhatul Athfal Kampus III

“Agenda pertama untuk pelaksanaan ibadah sholat taraweh dapat segera berkoordinasi dengan kemenag. Tahun ini kebijakan pemerintah kita tidak lagi melakukan pembatasan ibadah tetapi yang kita lakukan adalah pengaturan dengan protokol kesehatan agar pelaksanaan ibadah kita berjalan dengan aman dan baik,” ujarnya.

Ia meminta kepada camat agar berkoordinasi dengan forkopincam terkait dengan pemantauan kamtibmas di wilayah masing-masing.

“Aktifitas lainnya selama bulan ramadan seperti kampung ramadan dan aktifitas serupa agar dipersiapkan dengan baik dan di atur jangan sampai ramai tapi semraut,” katanya.

Pihaknya ingin bulan suci ramadhan ini dalam keadaan gembira tetap dalam kondisi yang rapi, bersih, dan sehat.

Indah juga meminta agar rumah ibadah yang akan menggelar ibadah sholat taraweh untuk segera didata dan dipersiapkan.

“Ajak warga untuk pembersihan rumah-rumah ibadah termasuk penyemprotan disifektan sudah bisa kita lakukan. Jadi tolong dipersiapkan dengan baik, kita ingin warga kita beribadah tetap dalam kondisi aman, nyaman dan sehat,” lanjut Indah.

Pihaknya membolehkan aktifitas dalam rangka memeriahkan bulan suci ramadan, akan tetapi dengan protokol kesehatan dan batas waktu paling lambat pukul 22.00 Wita sudah selesai.

Selain mempersiapakan data masjid yang akan dijadikan tempat sholat tarawih, Indah juga mengatakan, akan melaksankan safari ramadan. Masing-masing camat, tetapi tidak lagi dipusatkan di Rujab Camat melainkan di pesantren atau panti asuhan/panti sosial.