BONE – Jelang bulan suci Ramadhan  pada 3 April mendatang, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Bone, melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok sehari-hari di dua pasar dikabupaten Bone, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga : Bupati Gowa Minta TPID Jaga Harga dan Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan

Tim tersebut dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone, Andi Islamuddin bersama Wakil Satgas Pangan Bone, Andi Ikhwan Burhanuddin (Plt Kadis Perdagangan) dan Plt Kadis Ketahanan Pangan, Andi Asman Sulaiman serta sejumlah unsur dan pihak terkait, memantau pasar Bajoe pada pukul 06 .00 pagi .

Di Pasar Bajoe, tim secara cepat memantau aktivitas penjualan serta berinteraksi dengan beberapa penjual sembako, sekaligus mencatat beberapa kebutuhan pokok yang mengalami peningkatan harga jelang bulan suci ramadhan, yang tak luput dari pantauan tim adalah Minyak goreng, beras, gula pasir, sayur mayur, telur, bumbu dapur hingga daging ayam.

Tim gabungan kemudian melanjutkan pemantauan ke gudang Bulog Bone di Jalan Lapawawoi Karaeng Sigeri. Tim disambut langsung oleh Kakansilog Bone, Andi Halim, untuk memastikan ketersediaan beras aman hingga dua tahun ke depan.

Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Bone Pantau Kebutuhan Bahan Pokok
Tim segera memfokuskan pengawasan mereka, pada penjual daging sapi

Tim terus melanjutkan pemantauan ke Pasar Sentral Palakka yang merupakan pasar tradisional modern terbesar di Kabupaten Bone. Tim segera memfokuskan pengawasan mereka, pada penjual daging sapi. Interaksi penjual dengan tim pun merasa cukup puas, karena ketersediaan daging stabil  beberapa bulan ke depan.

Ketua tim Satgas Bone, A.Islamuddin kepada wartawan menjelaskan bahwa ada sembilan bahan pokok yang tersedia di banyak Pasar di Bone masih tersedia aman, walau masih ada diantaranya yang sedikit mengalami kenaikan harga diantaranya Gula ,terigu dan minyak goreng.

“Kebutuhan bahan pokok jelang memasuki bulan suci ramadhan dibone ini cukup aman walau diantaranya ada yang mengalami kenaikan tetapi itu tidak akan berdampak bagi persiapan memasuki bulan suci nanti,” jelasnya.

“Tim akan kembali melakukan pemantauan dijelang memasuki hari raya Idhul Fitri  untuk dapat memastikan lagi keterjangkauan harga kebutuhan pokok masyarakat  sehingga masyarakat nantinya tidak perlu lagi panik,” terangnya.

Plt Kadis Perdagangan Kabupaten Bone, A.Ikhwan Burhanuddin, yang mendampingi Ketua Tim Satgas Pangan, juga menambahkan berdasarkan hasil pemantauan pasar, beberapa bahan pokok terbilang aman dan stabil

“Masyarakat Bone tidak perlu kuatir karena stock sembako kita berdasarkan dari pantauan hari ini aman dan stabil begitupun dengan ketersediaan beras,” pungkasnya.

Meski ada beberapa diantaranya yang mengalami kenaikan harga, seperti minyak goreng dan gula, namun kebutuhan pokok menjelang puasa hingga hari raya akan tetap baik dan stabil tercukupi dengan baik dan stabil.