Lalu Yogi katakan, “Evaluasi kinerja anggaran ini untuk mengukur, menilai, dan membuat kebijakan dari kinerja anggaran pada tahun yang sedang berjalan dengan tahun yang sudah berlalu sehingga nilai kinerja anggaran yang sedang dilakukan akan meningkat.”

Narasumber terakhir Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi Fahmi Widyanto menjelaskan terkait aplikasi MONEV, aplikasi untuk memantau pelaksanaan RKT melalui output prioritas yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga. “Pemantauan melalui aplikasi MONEV dilaksanakan pada tahun pelaskana berdasarkan perencanaan yang disusun pada tahun sebelumnya, yang nantinya pelaporannya adalah salah satu bentuk akuntabilitas pelaksanaan pembangunan dan pembelajaran bagi perbaikan tata kelola di masa yang akan datang.” ujar Fahmi.

Lebih lanjut Fahmi katakan bahwa aplikasi MONEV menekankan banyak hal: pelaporan data, realisasi hasil pemantauan, pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan, dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan. “Disitu ditekankan bahwa pelaporan data pelaksanaan renja kementerian/lembaga guna mendukung pemantauan pengendalian dan evaluasi.” tambah Fahmi.

Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh operator dari semua satker se-Sulsel dan seluruh jajaran pegawai Sub Bagian Program dan Pelaporan pada Kantor Wilayah.