BONE – Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Bajo Bersatu yang ada di Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur ternyata memiliki cara unik tersendiri dalam menyemarakkan Hari Jadi Bone (HJB) ke 692.

Hal ini nampak pada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) melakukan Transplantasi Karang menggunakan botol bekas di Perairan Teluk Bone, Rabu (30/03/2022).

Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Bajo Bersatu menggandeng Club Selam yang ada di Kabupaten Bone yakni Bone Science Diving Club (BSDC) dan Samparajae Diving Course (SDC).

Baca Juga : Hadiri HJB ke-692, Berikut Pesan Gubernur Sulsel

Diketahui KOMPAK Bajo Bersatu merupakan salah satu kelompok dari 202 Masyarakat Penggerak Konservasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan Kelompok Bajo Bersatu juga merupakan binaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumber daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar sejak tahun 2020 lalu.

Dimana, Kelompok ini sudah beberapa kali melakukan kegiatan penanaman bibit karang dengan berbagai media transplatasi dan perencanaan pembuatan coral garden di wilayah perairan teluk Bone khususnya di kawasan Perairan Tangkulara. Saat ini sudah mulai keliatan hasilnya dimana pertumbuhan karang yang ditanam atau di transplantasikan sebelumnya sudah menjadi hunian ikan-ikan karang di sekitar bibit karang yang tumbuh subur.

Selain itu, KOMPAK Bajo Bersatu juga menjadi kelompok binaan atau mitra Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone salah satu fungsi pengabdian masyarakat terkait kegiatan rehabilitasi dan konservasi terumbu karang di perairan sekitar Kabupaten Bone.

Ketua KOMPAK Bajo Bersatu Suyuti mengatakan, bahwa dalam rangka menyemarakkan Hut Hari Jadi Bone ke 692, kami akan menambah tranplantasi karang yang sudah ada di lokasi Coral Garden di Perairan Teluk Bone.