8 Fakta Tentang Afghanistan, Negara Yang Saat Ini Dikuasai Oleh Taliban

Afghanistan belakangan ini tengah mengundang perhatian publik di seluruh dunia akibat dari pengambilaihan kekuasaan oleh kelompok Taliban pada wilayah ibukota negaranya yaitu Kabul.

Baca Juga : Mengenal Taliban, Kelompok yang Mampu Kembali Berkuasa di Afganistan

Ditengan kisruh tersebut tampak sebuah video yang beredar para warga berdesak-desakan di bandara saling berebut masuk pesawat untuk mencari tempat yang aman pada malam dan pagi hari tadi.

Melalui putusan Presiden Amerikas Serikat, Joe Biden menarik pasukan mereka dari Afghanistan setelah 20 tahun melakukan invasi pasca insiden 9/11 pada 2001 silam. Hal demikian membuat Taliban bergerak cepat untuk menguasai seluruh negeri setelah pasukan AS dan sekutu angkat kaki dari Afghanistan.

Sumber: Reuters

berikut 8 fakta-fakta lain tentang Afghanistan yang belum banyak diketahui :

1. Negara Berpenduduk Padat

Afghanistan termasuk dalam 40 negara terpadat di dunia. Dengan luas wilayah 652,860 km persegi, Negera ini kira-kira seukuran negara bagian Texas di AS dan lebih dari dua kali ukuran Inggris.

2. Memiliki 34 Provinsi

Afghanistan berpenduduk 38 juta jiwa dan sekitar 4,5 juta orang (12% populasi) tinggal di ibu kota negara, Kabul.

Provinsi besar lain diantaranya Herat (1,9 juta penduduk), Nangarhar (1,5 juta penduduk), Balkh (1,3 juta penduduk) dan Kandahar (1,2 juta penduduk).

3. Dikuasai Taliban

Hanya dalam waktu singkat, Taliban telah menguasai seluruh negeri ini. Rangkaian serangan tersebut terjadi saat AS dan sekutu mulai menarik pasukannya kembali. Kelompok bersenjata tersebut dengan cepat mengambil alih wilayah penting, perbatasan, hingga ibu kota provinsi.

4. Segi Geografis

Afghanistan adalah negeri yang bergunung-gunung. Negara ini memiliki wilayah pegunungan paling banyak ke-8 di dunia, oleh karena itu sejumlah wilayah sulit diakses.