RAKYAT NEWS, TAKALAR- Bupati Takalar Syamsari Kitta meminta warga menanam pohon kelor dan serei. Sayuran ini memiliki kandungan gizi yang tinggi yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

“Mari kita menanam pohon kelor dan serei karena tumbuhan ini banyak manfaatnya termasuk sangat baik untuk kesehatan,” kata Syamsari Kitta kepada wartawan, Kamis 19 Desember 2019.

Syamsari mengatakan, kelor dan serei sangat bagus dibudidayakan di Takalar karena sesuai dengan iklim yang agak panas. Apalagi, kedua jenis tanaman itu bisa ditanam di sekitar rumah yang selama ini kerap tidak dimanfaatkan oleh warga.

“Kelor dan serei bisa ditanam di sekitar rumah, setiap warga bisa membudidayakannya, mari kita bersama menanam sehingga Takalar bisa jadi daerah penghasil kelor dan serei,” terang Syamsari.

Di tempat terpisah, Ketua TP PKK Takalar Irma Andriani melakukan penanaman pohon di Pulau Satangnga, Desa Mattioro Baji, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Rabu (18/12/2019).

Penamanan pohon ini merupakan salah satu program penghijauan yang digalakkan oleh pemerintah kabupaten Takalar khususnya di daerah kepulauan.

Secara simbolis, penanaman pohon dilakukan dengan menanam pohon kelor sebagai salah satu tanaman yang memiliki daya tumbuh yang cukup baik pada daerah kering. Tumbuhan ini juga memiliki manfaat langsung untuk masyarakat karena dijadikan sebagai sayur.

“Kelor juga bisa ditanam di sekitar rumah sehingga sangat efektif sehingga penanamannya bisa dimassifkan, apalagi bisa tumbuh di daerah yang kering,” terang Irma.

Penanaman pohon kelor di Pulau Satangnga sebagai bagian dari upaya menjadikan Pulau Tanakeke tetap sebagai paru- paru dunia. Berdasarkan penelitian, Pulau Tanakeke juga menjadi penyumbang oksigen di dunia.

“Penanaman pohon kita harapkan dapat menjadikan pulau Tanakeke terus menjadi paru-paru dunia dan ini yang bapak Bupati pesan untuk disampaikan kepada kita semua agar intens menanam pohon seperti kelor karena bisa juga dijadikan sayur,” kata Irma Andriani.