MAKASSAR – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel), Fadjar Majardi menyampaikan BI akan siapkan uang tunai Rp4,43 triliun untuk kebutuhan masyarakat dalam rangka menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Baca juga: Bank Indonesia – Unhas Gelar DJR di Luwu Utara

Hal itu disampaikan dalam kegiatan silaturahmi Ramadan dan Idul Fitri 1443 H bersama jurnalis media massa Sulawesi Selatan sekaligus membahas terkait materi distribusi uang dan penukaran uang yang digelar di Ballroom Maccora pada Kamis 21 April 2022.

Ia menjelaskan distribusi uang yang disiapkan meningkatkan 3,63% yaitu dari tahun sebelumnya Rp4,28 triliun menjadi Rp4,43 triliun, dikarenakan permintaan uang dalam bertransaksi sangat meningkat.

“Di tahun ini Bank Indonesia telah menyiapkan uang sebesar Rp4,43 triliun khusus untuk mengakomodasi dan memfasilitasi kebutuhan uang masyarakat di bulan Ramadan. Karena dalam satu tahun ini, di tiap Ramadan Idul Fitri jumlah permintaan uang untuk transaksi sangat meningkat tinggi,” jelasnya.

Adapun pada periode 4-20 April 2022, jumlah uang tunai yang telah didistribusikan oleh BI Sulsel telah mencapai Rp1,94 Triliun. Jumlah ini sudah mencakup kegiatan penarikan uang oleh perbankan maupun penukaran uang oleh masyarakat.

Ia memprakirakan puncak penarikan uang pecahan besar oleh perbankan akan terjadi pada pada minggu terakhir bulan April 2022, dalam rangka menghadapi libur dan cuti bersama.

“Jumlah penukaran uang banyaknya memang di akhir tahun, di Minggu terakhir menjelang lebaran. Karena nanti penukarannya lebih ke pecahan 100 ribu dan 50 ribu,” ucapnya.

Untuk penarikan uang telah dibuka di 138 titik loket oleh Kantor Cabang, KCP, Kas perbankan dan Kas Keliling di Provinsi Sulawesi Selatan sejak awal Ramadan.