ENREKANG – Bupati Enrekang, Muslimin Bando menghadiri Graduation Ceremony and Farewell Party SMAN 4 Enrekang. Acara penamatan dan perpisahan angkatan 2022 ini, digelar di sekolah, pada Selasa (10/5/2022).

Baca Juga : Usai Cuti Bersama, Bupati Bulukumba dan Wabup Gelar Sidak

Tahun ini SMAN 4 Enrekang meluluskan 185 siswa. Bupati ingin semuanya bisa melanjutkan kuliah.

“Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah. Kalaupun tidak bisa ke Jawa, Unhas, atau UNM, ada UMS Rappang yang dekat,” katanya.

Bagi mereka yang kurang mampu, bisa dicover oleh berbagai jenis beasiswa yang disediakan pemerintah maupun dari jalur aspirasi DPR RI.

Kendala lain, banyak yang memilih untuk bekerja sebagai petani setelah lulus SMA. MB memberi opsi kuliah sambil kerja.

“Sekarang era-nya Merdeka Belajar di Kampus Merdeka. Bisa kuliah online. Kita juga terus membuka kelas kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi,” urainya.

“Apa lagi kendalanya? Jika masih ada, datang ke Bupati, kita temukan solusi bersama,” katanya.

Diantara para lulusan, 20 orang sedang mengambil kursus Bahasa Jerman. Mereka berencana untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Panzer ini.

Kepala SMA 4 Enrekang, Makhmud menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Habibie Education Youth (HEY) untuk mendorong siswa kuliah sambil kerja di Jerman.

Ke-20 siswa tersebut saat ini sedang menjaqlani pendidikan selama 6 bulan. Untuk mendapatkan sertifikat B1.

Selain ke Jerman, dua alumni SMA 4 Enrekang sudah kuliah di Albukhary Internasional University, di Malaysia.

“Tanggal 18 Mei nanti, 1 orang lagi akan berangkat kuliah di Malaysia,” jelasnya.

Bupati mengapresiasi rencana ini dan berharap semua bisa lulus dan sukses di Jerman.

“Saya dengar 20 orang ini akan kuliah dan sekaligus magang. Gaji magang di negara Eropa seperti Jerman bisa sampai belasan juta,” ujarnya.

MB mengingatkan, jika mereka di Jerman nanti akan menghadapi perbedaan budaya. Juga perubahan pola hidup, pola pikir, karakter, dan cara pandang.

“Semoga bisa belajar sebaik-baiknya disana. Kita harapkan kembali dengan membawa perubahan. Ini kesempatan berharga sekali,” pesannya.

SMA 4 Enrekang telah menghasilkan beberapa siswa berprestasi di bidangnya masing-masing. Tingkat kabupaten, regional Ajatappareng bahkan provinsi.

Bahkan siswi bernama Siti Alya Mukhbita Basri mencatatkan delapan prestasi berbeda. Mulai dari lomba Bahasa Inggris, Video Pembelajaran, lomba puisi, ceramah dan pidato.

Muhammad Rezky Al Hidayat meraih 2 juara lomba puisi, Muh Nur Qadri juara debat Se-Ajatappareng, Muhammad Hazmirul juara 2 olimpiade sains bidang astronomi. Serta belasan siswa lain yang juara di bidang olahraga dan kesenian.