GOWA – Jalan Romang Polong Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, tergenang air setinggi lutut orang dewasa akibat hujan lebat yang terjadi pada kamis (26/05/2022) tepatnya di depan Puskesmas Samata. Genangan air ini juga disebabkan jalanan di depan Puskesmas Samata rusak.

Baca juga: Jalan Tun Abdul Razak Makin Rusak Parah

Salah satu mahasiswa UIN Alauddin Makassar, Andi Syukur mengatakan genangan air disebabkan gorong-gorong saluran air tersumbat.

“Sebenarnya keadaan genangan air yang ada di depan puskesmas disebabkan gorong-gorong yang tersumbat dan sampai saat ini belum diperbaiki dan diperbaruhi. Dan hingga saat ini belum ada gerakan atau bantuan dari pemerintah provinsi dan mungkin kedepannya pemerintah lebih memperhatikan hal ini,” harapnya.

Akibat genangan air ini beberapa pengendara roda dua maupun roda empat berhenti dan beberapa juga tetap menerobos. Hal itu juga dirasakan oleh salah satu pengendara roda dua, Selfi yang mengaku kesulitan melintasi jalan jelek.

“Jalanan pusat orang berlalu lalang, kalau jelek jalanan merasa terganggu juga. Apalagi kalau ada orang yang terburu-buru ada hal yang medesak kalau ada jalanan jelek bisa jadi terjatuh,” katanya.

Selfi juga mempertanyakan dimana kontribusi dan tindak lanjut pemerintah terhadap jalanan rusak tersebut.

“Lalu di mana kontribusinya pemerintah dalam jalanan tersebut kalau na lihat ji lama rusak tapi tidak ada tindaklanjutnya,  nah itu yang perlu dipertanyakan. Kalaupun sudah banyak laporan yang masuk tetapi belum ada tindaklanjutnya bagaimana mau dikatakan bagus kepemerintahannya,” ucapnya.

Baca juga: Warga Keluhkan Kondisi Jalanan Alekarajae Kabupaten Pangkep