JENEPONTO, RAKYAT NEWS— Hari ulang tahun ( HUT ) Kabupaten Jeneponto Ke-157 jatuh pada tanggal 1 Mei pada tahun ini sangat jauh berbeda dengan sebelumnya.

Biasanya, setiap perayaan tersebut, Pemkab Jeneponto selalu mengadakan kirab budaya.

Dari hasil pantauan, perayaan HUT pada tahun ini tidak dilaksanakan. Tak terlihat kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan ini. Ucapan karangan bunga yang berisi ucapan selamat hari jadi tak satupun berjejer di halaman Kantor Bupati dan lapangan Parang Passamaturukang.

Padahal, karangan bunga biasanya banyak terpajang di pelataran Kantor Bupati Jeneponto dan lapangan Pasamaturukang.

Keputusan meniadakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Jeneponto itu karena wabah virus Corona atau covid-19. Sebab, acara yang mengundang keramaian, termaksud HUT Jeneponto dapat berisiko tinggi menjadi penyebar virus covid-19.

PLT Kabag Humas dan Protokol Pemkab Jeneponto, Mustaufiq mengatakan, pembatalan perayaan HUT Jeneponto tersebut berdasarkan hasil rapat Forkopimda yang menyepakati tidak melaksanakan dengan berbagai pertimbangan.

“Tidak ada kegiatan seremonial. Hasil rapat forkopimda menyepakati untuk tidak melaksanakan hal tersebut dengan pertimbangan jika dilaksanakan pasti akan mengumpulkan orang banyak,” ujar, Mustaufiq.

Mantan Kabid UKM Dinas Koperasi Jeneponto itu juga menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Jeneponto ke-157 ditiadakan.

“Iya kegiatan seremonial ditiadakan. Karena dalam kondisi saat ini kita diperhadapkan dengan situasi covid-19. Jadi beberapa daerah juga demikian,” ungkapnya. (Lau)