INTERNASIONAL – Sungai Aare di Swiss kini menjadi perbincangan publik, hal ini dikarenakan anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yaitu Eril dikabarkan hanyut di lokasi ini, Rabu (1/6/2022).

Kementrian Luar Negeri RI telah berkoordinasi dengan Pemerintah Swiss dalam pencarian Eril, Tim Sar setempat telah dikerahkan untuk menyisir Sungai Aare, Duta Besar RI juga menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi selalu berada mendampingi Ridwan Kamil dan mengabarkan informasi terbaru terkait hanyutnya anak RK.

“Teman-teman bisa lihat di mana ada Pak Emil di situ ada duta besar kita dan duta besar kita secara periodik terus menyampaikan informasi terkait dengan pencarian kepada publik. Jadi akan terus berusaha dan sejauh ini kerja sama yang dilakukan dengan otoritas setempat cukup baik, kita bantu dengan doa,” ucap Retno dikutip dari detik.com.

Baca juga : WNI dari Ukraina Akan Disambut Menlu, Menhan dan Kepala BP2MI

Sebenarnya, bagaimana wujud dan kondisi Sungai Aare yang bisa menghayutkan anak Ridwan Kamil tersebut, berikut ulasannya.

1. Sungai Aare Terpanjang di Swiss

Menurut situs Britanica, sungai Aare berukuran panjang mencapai 295 kilometer dan mengaliri area dengan luas 17.779 Km persegi serta kedalaman mencapai 200 meter yang berlokasi di dekat Meiringen. Dari sini, Aare mengalir ke arah Brienz di mana awalnya mengalir ke Danau Brienz, kemudian ke Danau Thun di Interlaken.

Sungai ini memiliki lebar yang bermacam-macam mulai dari 40 meter, 100 meter bahkan di area dekat pintu pembangkit listrik tenaga air Muhlenberg lebarnya bisa mencapai 647,65 meter. Karena hal ini membuat sungai Aare menjadi sungai terpanjang di Swiss.

Baca juga : Kondisi Sungai Aare Keruh, Hambat Proses Pencarian Eril

2. Jadi spot berenang penduduk setempat