Takalar, Rakyat News | Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Galesong ciptakan inovasi di Desa Cacampagaya, 3 Agustus 2020.

Kehadiran Universitas Muslim Indonesia Makassar melalui Fakultas Pertanian telah melakukan pengabdian masyarakat melalui poktan di Desa Campagaya dengan kegiatan perbanyakan tanaman kedelai melalui penggunaan mikoriza pada tanaman untuk membantu kesuburan tanah dan tanaman pada lokasi tersebut.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BPP Kecamatan Galesong mulai terus digerakkan meskipun ditengah pandemi adanya Covid 19 berlangsung di petani. Namun Perguruan Tinggi Umi Makassar Fakultas Pertanian tetap menjaling kerjasama guna menjaga dan memenuhi sumber pangan berkelanjutan melalui unsur protein kedelai dan ini akan semakin dikembangkan di tahap mendatang.

Dosen Fakultas Pertanian Umi Makassar yakni Dr. Ir. St. Subaedah, MS dalam kegiatannya bersama petani mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk melakukan teknologi inovasi baru dan tepat guna dengan mikoriza tanah dan tanaman yang hasilnya sangat menguntungkan dari segi produksi dan unsur hara tanaman.

Salah satu poktan yang ditemani kerjasama yakni pengurus Kelompok Abd. Arsyad Dg.Pali mengatakan bahwa ia mendapatkan informasi baru dengan adanya pembinaan melalui kegiatan dari Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Pertanian dan ini sudah memberikan banyak bukti diantaranya mengurangi pemakaian unsur kimia pada tanaman dan tanaman serta memanfaatkan bahan alami sekitar untuk dijadikan pupuk hayati menetralisir tanah dan tanaman demikian memberikan pendidikan masyarakat petani untuk selalu bergerak cepat pada info pertanian alami dan baru.(*)