KESEHATAN – Sempat dihebohkan menghilang di Los Angeles, AS, dalam kondisi episode manik, kini Marshanda ditemukan oleh keluarga.

Aktris 32 tahun ini memang mengidap gangguan bipolar.

Marshanda diduga merasakan manic episode atau episode manik yang berhubungan dengan mood, rasa gembira dan perilaku tak wajar.

Hal tersebut telah disampaikan oleh sang teman yang mengatakan bahwa Marshanda mempunyai cara berpikir dan bicara yang kacau saat terakhir kali berbincang bersama.

Salah satu fase dari gangguan mental bipolar adalah manic episode atau episode manik. Lalu sebenarnya apa itu manic episode bipolar? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Justin Bieber Cerita Pengalaman Imannya Usai Alami Sindrom Ramsay Hunt

Pengertian Episode Manik

Episode manik merupakan sebuah fase atau gejala yang ada dalam gangguan mental bipolar. Ada beberapa episode dalam gangguan bipolar seperti episode mania atau manik, hipomania atau episode depresi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa manic episode adalah peningkatan mood dan rasa gembira yang muncul secara tidak wajar. Orang yang sedang mengalami episode manik biasanya akan berperilaku berlebihan, mudah terdistraksi serta ada gejala psikosis atau halusinasi. Episode manik itu akan berlangsung akan berlangsung selama seminggu atau lebih panjang dari itu.

Paling bahaya adalah saat orang yang mengalami episode manik merasakan kelelahan secara mental, merasa sedih berlebihan serta pikiran yang dipenuhi dengan keputusasaan. Episode manik ini tak dikategorikan dalam gangguan mental tapi berkaitan dengan gangguan bipolar.

Gejala Episode Manik

Ketika mengalami episode manik, orang dengan gangguan bipolar akan mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan tingkah laku dan mood. Beberapa gejala yang dialami oleh orang dengan manik episode di antaranya: