JAKARTA – Pelaku penembakan di AS pada Senin (4/7) berhasil diungkap pihak kepolisian Chicago yang menduga pelaku memberondong penonton dan peserta parade pada Hari Kemerdekaan di Highland Park, Illinois, dari atap salah satu gedung.

Baca Juga : Penembakan Massal saat Peringatan Kemerdekaan AS, 6 Orang Tewas

Komandan Chris O’Neil mengungkapkan bahwa bukti senjata api telah ditemukan pada atap sebuah bangunan dan pihak berwenang juga telah mengamankan aktivitas usaha yang berada dekat lokasi senjata tersebut.

Sementara itu, Sersan Chris Covelli membeberkan pelaku secara brutal mengarahkan berondongan senapannya ke parade di hari kemerdekaan tersebut.

Ia menyebutkan bahwa hal itu merupakan situasi yang menyedihkan karena dirinya menganggap para penonton pada saat itu menjadi target dari pelaku yang melancarkan aksinya saat acara tengah berlangsung ramai.

“Ini adalah situasi yang sangat menyedihkan, tampaknya penonton menjadi target [penembakan], dan bahkan mereka yang berbaris. Parade berlangsung kira-kira sepanjang tiga perempat jalanan saat penembakan terjadi, jadi sangat acak. Sangat disengaja, dan hari yang sangat menyedihkan,” kata Sersan Chris Covelli dilansir dari CNNIndonesia.com.

Coveli menyampaikan pelaku menggunakan senapan bertenaga tinggi dalam aksinya.

“Saya masih belum bisa memberikan detailnya. Kami akan merilis informasi itu secepatnya,” ujar Chris.

Selain itu, Covelli mengungkapkan bahwa kebanyakan korban tewas ditempat.

“Beberapa korban tewas di tempat kejadian, dan tampaknya salah satu dari mereka dibawa ke rumah sakit di dekat daerah mereka tewas,” tuturnya.

Setidaknya enam orang tewas dalam insiden penembakan dalam parade tersebut. Sebanyak 31 orang juga dilarikan ke rumah sakit imbas insiden ini.