JAKARTA – Pendaftaran merek Citayam Fashion Week yang tuai kontroversi ini memasuki babak baru. Ada yang mengajukan pembatalan, ada juga yang baru mengajukan.

Baca Juga : 2 Pihak Daftarkan Merek CFW

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu, ada tiga pihak yang mengajukan untuk mengakuisisi brand tersebut atas nama Citayam Fashion Week, yaitu artis Baim Wong, melalui PT Tiger Wong Entertainment, Indigo Aditya Nugroho dan Daniel Handoko Santoso. Pihak PT Tekstil Industri mengajukan atas nama Palekat dengan merek Citayam saja.

“Terkait merek Citayam Fashion week, itu ada 4 permohonan sebenarnya yang diajukan oleh kita. Ada 2 jenis di barang dan 2 di jasa. Yang menyebut secara langsung Citayam Fashion Week itu 3, dan baru didaftarkan tanggal 25 (Juli) itu hanya Citayam saja PT Tekstil Industri,” katanya, Selasa (26/7/2022).

Di antara empat pemohon, Baim Wong dan Indigo Aditya Nugroho menawarkan untuk mundur. Razilu memuji keputusan tersebut dan berharap pihak lain akan melakukan hal yang sama untuk mencegah perselisihan ini berlarut-larut.

“Harapan kita sebenarnya supaya tidak terjadi berkelanjutan polemik ini di masa mendatang, pihak-pihak yang telah mengajukan, mengambil sikap yang sama untuk ditarik kembali sehingga tidak berkelanjutan prosesnya di tempat kita,” tambahnya.

Razil berpendapat bahwa seharusnya Citayam Fashion Week menjadi milik umum.

“Karena memang Citayam Fashion Week telah jadi kata yang umum, kemudian diambil sekelompok orang untuk dikembangkan,” katanya.

Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua, mengatakan pihaknya belum bisa mengidentifikasi pencipta Citayam Fashion Week yang pertama. Untuk itu, ia menyarankan agar para remaja yang sering nongkrong di Dukuh Atas membentuk komunitas untuk mengklaim istilah tersebut.

“Kita sarankan kalau bisa ini jadi kolektif saja dibentuk perkumpulan atau badan hukum, kemudian perkumpulan/badan hukum itu yang mendaftarkan mereknya sehingga bisa mendapatkan manfaat dari keadaan ini,” katanya, dilansir finance.detik.com