Prospek kerja jurusan ini bisa ditemukan hampir di seluruh perusahaan baik perusahaan pemerintah, swasta, atau organisasi.

5. Seni
Jurusan seni mempelajari berbagai hal yang terkait dengan estetika. Biasanya, praktik yang dilakukan adalah menggambar, melukis, membuat ilustrasi, dan sebagainya. Imajinasi dan fokus yang tinggi yang dimiliki para introver sesuai untuk jurusan ini.

Prospek dari jurusan seni ini sangat luas, bisa menjadi seniman patung, illustrator, pelukis, pembuat kerajinan dan sebagainya.

6. Jurnalistik
Jurnalistik erat hubungannya dengan dunia tulis menulis dan keterampilan membuat karya. Oleh karena itu, seorang introver bisa mengambil jurusan ini karena mereka memiliki fokus dan ketenangan dalam membuat sebuah karya yang bagus.

Prospek kerja dari jurusan jurnalistik antara lain wartawan media online, wartawan koran, wartawan televisi, atau blogger.

7. Psikologi
Ilmu psikologi memerlukan tingkat analisis yang tinggi dan pemetaan yang kuat. Orang yang mengambil jurusan ini harus bisa melakukan hal-hal tersebut, sehingga cocok bagi seorang introver.

Prospek kerja dari jurusan psikologi ini antara lain adalah psikolog klinis, psikolog sosial, psikolog pendidikan, dan lainnya.

Jurusan Saintek (Sains dan Teknologi)
1. Ilmu Komputer
Ilmu komputer erat hubungannya dengan bahasa pemrograman, desain perangkat lunak, arsitektur jaringan komputer, dan keamanan informasi. Maka dari itu jurusan ini identik dengan kode-kode yang dirangkai untuk menghasilkan sebuah sistem.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah web developer, programmer, software developer atau komputer dan network engineer.

2. Teknologi Informasi
Jurusan teknologi informasi memiliki spesialisasi dalam keamanan informasi, sistem administrasi, dan manajemen sistem informasi. Jurusan ini memerlukan ketelitian yang tinggi sehingga cocok untuk introver.

Prospek dari jurusan teknologi informasi antara lain system developer, system analyst, media digital development dan sebagainya.

3. Teknik
Jurusan teknik pun menjadi pilihan yang tepat untuk para introver. Dalam jurusan ini, diperlukan ketekunan dan ketelitian untuk mempelajari material dan prinsip-prinsip teknik.