JAKARTA – China didesak untuk hentikan latihan perang pada perbatasan Taiwan oleh Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida sebab aksi tersebut akan berdampak pada perdamaian dan stabilitas wilayah dan komunitas internasional, maka dari itu ia meminta China menghentikan hal tersebut.

Baca Juga : Video Provokasi Seruan Perang, Pengurus Ponpes Shiddiqiyyah Angkat Suara

Ia juga membahas ketegangan China dengan Taiwan saat bertemu Ketua DPR Amerika Serikat ,Nancy Pelosi. Ia mengabari Nancy tentang protes keras Jepang terhadap manuver China di Selat Taiwan.

“Saya memberi tahu dia bahwa Jepang telah melayangkan protes keras terhadap China karena misil-misil itu menjadi ancaman terhadap keamanan nasional dan keselamatan masyarakat,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, pasukan militer China mendekati pulau utama Taiwan. Mereka menggelar latihan perang, termasuk menembak sejumlah rudal.

Manuver itu dilakukan sebagai bentuk protes China kepada Amerika Serikat. China tak terima dengan kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat ke Taipei.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkap 68 jet tempur dan 13 kapal perang China merangsek masuk ke garis median Selat Taiwan pada Jumat (5/8).

“[Kami] mengecam militer komunis karena sengaja melintasi garis media Selat [Taiwan] dan mengusik lautan dan udara sekitar Taiwan,” ungkap Kemhan Taiwan.