MAKASSAR – HUT RI atau Hari kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu momentum yang dapat kita jadikan sebagai ajang refleksi untuk mengingat kembali para pendahulu Kusuma bangsa yang telah memerdekakan bangsa Indonesia dari para penjajah.

Baca Juga : Dialog Publik Tematik Bawaslu Bantaeng Wujud Refleksi Pemilu 2019

Berbagai Ragam acara masyarakat menyambut hari kemerdekaan terbilang tinggi. Hal-hal semacam perlombaan, memasang bendera hingga yang paling sakral adalah upacara bendera.

Akan tetapi di balik semua kegiatan tersebut bukanlah subtansi dari peringatan HUT RI, akan ada yang Lebih penting kita pahami arti sebuah kemerdekaan bangsa Indonesia itu sendiri.

Dimomen yang bersejarah ini penulis akan menyampaikan 3 hal penting yang Kita Harus maknai dari Kemerdekaan Itu, diantaranya:

1.Merdeka bukan berarti akhir dari sebuah perjuangan.

Sejarah panjang para pahlawan Kusuma Bangsa pejuang kemerdekaan yang membebaskan Indonesia dari cengkraman penjajah tentu bukanlah sebuah hal yang mudah, Keringat, tenaga hingga nyawa dipertaruhkan demi meraih sebuah kemerdekaan. Karena itu hari ini kita sebagai anak bangsa tidak boleh terlena dengan Kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pendahulu, Akan tetapi kita harus menjaga dan meneruskan kemerdekaan Itu dengan cara mempersembahkan karya dan prestasi terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

2.Menjadi pengingat bahwa perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menuai hasil yang maksimal.

Mari kita Flashback sejenak ketika Para pejuang pahlawan kemerdekaan melawan penjajah hanya dengan menggunakan Bambu runcing yang merupakan senjata masyarakat Indonesia ketika melawan penjajah. Jika dipikir secara logika, bambu runcing tentu tidak bisa melawan bedil kolonial. Tetapi dengan sesungguhan, kekuatan wirid dan doa Para pahlawan sehingga dapat mengusir penjajah di Bumi Pertiwi,dari sini kita sebagai masyarakat Indonesia pastinya diperingatkan bahwa sebuah perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan, oleh karena itu sebagai anak bangsa pantang mundur dan menyerah dalam setiap tantangan serta rintangan yang dialami hari demi memperjuangkan martabat bangsa Indonesia

3. Momen menguatkan Persatuan dan kesatuan bangsa

Momen HUT RI Ke-77 ini menjadi salah satu momen yang membuat seluruh masyarakat Indonesia bersatu. Dari Sabang sampai Merauke kita semua adalah anak bangsa “Aku Indonesia & Indonesia jiwa raga kami”