BLU diharapkan tidak banyak menumpuk saldo kas, apabila tidak ada rencana penggunaannya. Seluruh kas dan aset tetap BLU harus terus diupayakan untuk memberikan kontribusi maksimal guna peningkatan kapasitas layanan BLU yang berkualitas. Dalam rangka mengukur tatakelola BLU dan guna memastikan kontinuitas dan perkembangan layanan BLU diperlukan seperangkat tools yang mampu memotret kinerja BLU secara komprehensif serta bersifat universal. Tools ini diharapkan mampu menghasilkan gambaran yang jelas tentang kondisi BLU sehingga dapat digunakan oleh instansi pembina keuangan atau teknis, maupun instansi BLU Tools maturity rating ini nantinya dapat digunakan bukan hanya untuk mengukur kinerja BLU namun juga untuk BLUD.

Pada pertemuan tersebut dihadirkan narasumber Direktur Operasional dan Manajemen resiko Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Tetik Fajar Ruwandari dan Direktur keuangan Rumah Sakit Umum Dr Wahidin Sudiro-Husodo Makassar, Nursuriyawati, untuk berbagi pengetahuan dan lesson learned dalam pengelolaan layanan BLU.  Ibu Tetik Fajar Ruwandari selaku Direktur Operasional dan Manajemen Risiko, LMAN antara lain menyampaikan Pengelolaan  Properti (Sewa Guna, KSPd, KSM, KSO), yakni cara mengelola aset kelolaan untuk menghasilkan manfaat finansial dan non-finansial bagi Negara, bagaimana menggerakkan optimalisasi aset Negara untuk meningkatkan nilai tambah aset (added value). Pendanaan pengadaan lahan/tanah untuk pembangunan infrastruktur strategis nasional melalui dana talangan dan pembayaran langsung. Cara-cara menciptakan daya ungkit (leverage) atas aset kelolaan.

Sementara itu, Direktur Keuangan Rumah Sakit Umum Dr Wahidin Sudiro-Husodo Makassar, Nursuriyawati, antara lain menyampaikan tujuan utama pembentukan BLU yakni meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, fleksibilitas dalam pemanfaatan keuangan, dan pengamanan asset negara.

Ruang Lingkup pengelolaan Keuangan BLU meliputi penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan, pelayanan kepada masyarakat. Fleksibilatas penggunaan penerimaan di Rumah Sakit Umum Dr Wahidin Sudiro-Husodo Makassar. Siklus pengelolaan keuangan dan kinerja oprerasional dan keuangan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo.