RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi IV DPR RI mengawali Tahun Sidang 2023-2024, di dampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, serta Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan melakukan kunjungan kerja spesifik ke Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat, 1 September 2023.

Diketahui, agenda kunjungan Komisi IV DPR RI meninjau pelaksanaan kegiatan konservasi di Taman Nasional Alas Purwo, mulai dari Pura Luhur Giri Salaka, Pancur, hingga lokasi selancar kelas dunia Pantai Plengkung, atau yang lebih dikenal dengan nama G-Land. Tak hanya itu, Komisi IV DPR RI dan para pejabat KLHK juga melakukan pelepasliaran tukik penyu di Pantai Triangulasi.

Pada sesi diskusi di Savana Sadengan Biosite dan Wildlife Research Station, Satyawan Pudyatmoko, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem menjelaskan bahwa TN Alas Purwo tidak hanya kaya keanekaragaman hayati, namun juga kaya dengan situs religi yang menjadi daya tarik wisatawan.

“Tak hanya itu, Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki Pantai Plengkung (G-Land) yang digandrungi para peselancar dunia,” ujar Satyawan.

Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Novita Kusumawardhani berharap pada kunjungan kerja kali ini, Komisi IV DPR RI dapat memberikan masukan dan arahan bagi peningkatan kualitas pengelolaan Taman Nasional Alas Purwo.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, meminta agar pengelola taman nasional dapat memprioritaskan pendidikan lingkungan hidup dalam pengelolaan taman nasional agar generasi mendatang memahami arti penting taman nasional.

“Komisi IV DPR RI akan mendorong peningkatan anggaran Ditjen KSDAE yang signifikan sehingga pengelolaan kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati Indonesia semakin berdampak, baik dari aspek ekologis maupun peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan konservasi,” kata Sudin.