RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Anggota Komisi IV DPR RI, Hanan A Rozak menyebut Andi Amran Sulaiman sebagai Bapak Modernisasi Pertanian pada rapat kerja Menteri Pertanian dengan Komisi IV DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu 8 November 2023.

Bagi Hanan, Andi Amran adalah pionir sekaligus pembawa perubahan besar terhadap pertanian Indonesa yang.membuat Indonesia kembali ke masa jaya.

Politikus partai Golkar dari Lampung itu menyambut baik kembalinya Amran Sulaiman sebagai nahkoda di Kementerian Pertanian.

“Saya pernah membaca di koran Tempo kalau tidak salah tahun 2017 bapak itu seyogyanya sudah wajar dijuluki sebagai Bapak Modernisasi Pertanian karena saat memimpin Kementan, modernisasi pertanian yang memanusiakan masyarakat luar biasa, sehingga banyak kalangan yang menyebut bapak inilah Bapak Modernisasi Pertanian,” ujar Hanan.

Menurut Hanan, program mekanisasi di era Amran sangat berperan dalam peningkatan produksi nasional. Karena itu, Hanan merasa yakin kembalinya Amran sebagai menteri mampu merealisasikan semua program yang ada dan menjadikan Indonesa sebagai negara terkuat di dunia.

“Saya yakin dengan pengalaman Bapak selama 5 tahun memimpin Kementerian Pertanian, Bapak diberi kesempatan 200 hari ini bisa berbuat lebih banyak,” ungkapnya.

Hanan menilai Amran mampu melanjutkan pondasi yang telah ia bangun ataupun ada pondasi yang sempat bergelombang bisa ditambal kembali, yang kemudian bisa dibangun di atasnya untuk menuju kedaulatan pangan.

Dukung Regulassi Pupuk Subsidi
Selanjutnya politikus kelahiran 25 Desember 1960 ini mendukung upaya Kementan membenahi regulasi pupuk agar terus tersedia dan bisa digunakan petani dalam berproduksi.

Baginya, bertani tanpa pupuk tidak akan menghasilkan apa-apa dan sulit menjawab tantangan ketahanan pangan masa depan.

“Jadi supaya kesulitan-kesulitan yang ada di lapangan ini tidak kita alami, maka selanjutnya masalah pupuk ini harus segera dibenahi,” kata Hanan.