RAKYAT.NEWS, TANGERANG – PT PLN (Persero) sabet lima penghargaan dalam ajang Power & Energy Awards 2023 yang sebelumnya didominasi perusahaan kelistrikan dan energi dari Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Pada ajang yang digelar oleh Enlit Asia pada Selasa (14/11) terebut, PLN juga dianugerahi empat penghargaan lainnya, yaitu Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Dalam ajang yang sama, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo juga meraih penganugerahan dalam kategori “Male Executive of the Year” melampaui nominasi eksekutif dari perusahaan lainnya, yaitu Korea Southern Power (KOSPO) asal Korea Selatan dan HDF Energy asal Prancis.

Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia, Simon Hoare menjelaskan pihaknya melalui Enlit Asia berupaya untuk melibatkan berbagai pihak, mengedukasi dan memajukan transisi energi di Asia.

“Di Enlit Asia, kami bertujuan untuk mendorong kolaborasi yang lebih besar di seluruh industri dengan menghubungkan dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pada sektor energi di Asia. Mulai dari regulator, penyedia teknologi hingga konsumen energi sehingga menghadirkan perspektif internasional dalam satu platform untuk mengambil tindakan menuju masa depan energi berkelanjutan di Asia,” kata Simon.

Terkait Power & Energy Awards 2023, Simon juga menjelaskan ajang ini merupakan pengakuan terhadap para pihak yang berkomitmen penuh dalam transisi energi di kawasan Asia dan para pemenang ditentukan secara objektif oleh 34 dewan juri yang berlatar belakang sebagai profesional, pakar serta akademisi lintas negara.

“Penghargaan ini menjadi tolok ukur sekaligus pengakuan kepada masyarakat dan dunia usaha yang telah melampaui batas dalam mendorong kemajuan sektor ketenagalistrikan dan energi di Asia,” jelas Simon.