RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa sebut belum ada faktor mendesak yang menjadi alasan penyidik melakukan penahanan terhadap eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri yang menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan.

“(Firli belum ditahan) karena belum diperlukan,” ujar Arief dikutip dari CNNIndonesia.com.

Di sisi lain, Koordinator MAKI, Boyamin Saiman justru mendesak kepolisian untuk segera menahan Firli dalam kasus tersebut.

Ia mengaku khawatir Firli akan berupaya mempengaruhi saksi-saksi terkait dalam kasus tersebut apabila tidak kunjung ditahan. Firli, kata dia, bisa jadi akan merusak hingga menghilangkan barang bukti terkait yang bisa memberatkan dirinya.

“Mempengaruhi saksi atau merusak barang bukti, karena memang kalau di luar (penjara) itu masih memungkinkan untuk mempengaruhi saksi,” ujarnya.

Boyamin mengatakan sikap Firli yang beberapa kali kedapatan tidak kooperatif seharusnya juga dapat menjadi pertimbangan penahan oleh penyidik. Selain itu, ia menilai dengan ditahannya Firli maka diharapkan seluruh proses penyidikan dapat berjalan lancar.

Terlebih, Boyamin menyebut ancaman pidana yang menjerat Firli juga lebih dari lima tahun penjara sehingga sudah memenuhi syarat penahanan.

Lebih lanjut, Boyamin juga mengaku tetap khawatir Firli bakal melarikan diri meski telah dilakukan pencekalan ke luar negeri. Pasalnya, kata dia, banyak celah yang bisa saja digunakan Firli untuk kabur.

“Berpotensi melarikan diri meskipun sudah dicekal, misalnya karena ya ada jalur tikus dan sebagainya,” jelasnya.

“Tersangka korupsi kalau di KPK saja ditahan, di Kejaksaan Agung ditahan, di Kepolisian juga harus ditahan. Karena ini persamaan semua orang di depan hukum. Kalau tersangka korupsi itu ya mestinya ditahan,” imbuhnya.

Firli sendiri telah menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus pemerasan di Bareskrim Polri, pada Jumat (1/12).