RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menggelar agenda Silaturahmi Relawan di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia sempat memberikan pertanyaan kepada peserta mengenai hilirisasi ketika dijawab dengan benar akan diberikan hadiah dan nilai seratus.

Prabowo menyatakan bahwa dirinya akan berupaya untuk melanjutkan apa yang telah dikerjakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika terpilih nanti, salah satunya adalah program hilirisasi.

“Presiden Joko Widodo melanjutkan pendahulu kita, kita juga siap melanjutkan garisnya presiden Jokowi,” kata Prabowo.

Prabowo menuturkan bahwa ia tidak akan memberikan serta menjual kekayaan alam Indonesia dengan harga yang murah kepada bangsa atau negara lain.

“Kita koalisi Indonesia Maju tidak lagi memberi, menjual kekayaan kita murah-murah kepada bangsa lain. Kita akan melaksanakan strategi hilirisasi,” Tegasnya.

Prabowo kemudian mencoba menanyakan terkait dengan hilirisasi kepada pendukung dan relawan yang hadir, dan menyebut akan memberikan hadiah khusus bila pertanyaannya dijawab dengan tepat.

“Sodara mengerti apa tidak (hilirisasi). Siapa yang bisa jawab? Kalau benar saya kasih hadiah,” tanya Prabowo kepada para peserta kampanye akbar.

Prabowo pun menunjuk salah satu pendukung atau relawan yang hadir bernama Rahmat, yang menjelaskan bahwa hilirisasi tidak lagi menjual belikan bahan mentah dari kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia untuk kemudian diolah sendiri.

“Hilirisasi adalah tidak lagi menjual barang mentah ke luar negeri, tetapi bahan-bahan kita, kekayaan alam kita diolah di negeri kita sendiri,” jelasnya.

Mendengar jawaban tersebut, Prabowo kemudian memberi nilai dari jawaban pendukung yang hadir itu dengan memberi nilai 100.

“Iya, ini nilainya 100. Karena nilainya 100, dapat hadiah khusus dari saya. Sesudah acara selesai tolong menghadap saya di belakang (panggung acara),” ucap Prabowo.