TIPS – Saat memasuki masa kehamilan, tidak hanya kesehatan saja yang harus diperhatikan. Namun keuangan juga harus disiapkan dengan baik karena biasanya ibu hamil memiliki sejumlah pengeluaran yang lebih tinggi dibandingkan biasanya karena harus dibagi dengan janin yang masih dikandung.

Mulai dari asupan makanan bergizi hingga perawatan ibu hamil semuanya harus dipenuhi secara layak guna menjaga sang buah hati di dalam perut. Nah untuk membantu Anda membagi keuangan dengan bijak, mari simak ulasan di bawah ini.

Tips Mengatur Keuangan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil 4 bulan wajib mengalokasikan uang yang dimiliki dengan baik agar nantinya segala jenis kebutuhan kehamilan terpenuhi hingga si Kecil lahir. Dan berikut ini adalah sejumlah tips mengatur keuangan bagi ibu hamil yang harus Anda ikuti.

1.     Sisihkan untuk Perawatan Diri

Hal terpenting saat mengandung anak adalah diri Anda sendiri sebagai ibu. Jika Anda sehat, maka janin pun akan ikut sehat. Dengan demikian, alokasikanlah uang untuk perawatan diri seperti medical check up, biaya membeli suplemen dan nutrisi, hingga kebutuhan lainnya yang pasti memerlukan biaya besar.

2.     Beli Kebutuhan Bayi Sedikit Demi Sedikit

Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan bayi itu sangat beraneka ragam. Untuk meringankan beban tersebut, Anda bisa membeli berbagai jenis kebutuhan bayi perlahan-lahan agar bisa menyeimbangkan pengeluaran lainnya.

3.     Tabung Uang untuk Hari Melahirkan

Saat menjelang hari kelahiran Anda akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Hal ini kadang membuat perasaan ibu hamil khawatir. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan uang untuk lahiran dari jauh-jauh hari agar nantinya proses bersalin bisa lancar tanpa ada hambatan finansial.

4.     Jangan Sungkan Menggunakan Barang Bekas

Agar menjaga pengeluaran bulanan tetap stabil, tidak ada salahnya untuk menggunakan barang bekas kerabat yang masih bisa digunakan untuk si Kecil. Misalnya jika ada kasur bayi yang masih bagus, Anda bisa menggunakannya untuk sang buah hati agar tidak memakan uang lebih.

5.     Siapkan untuk Biaya Tidak Terduga

Ketika ibu hamil 5 bulan, Anda harus sudah menyiapkan segala jenis persiapan dengan matang, salah satunya uang untuk keperluan yang tidak terduga. Pasalnya semakin dekat waktu lahiran bisa saja ada beberapa hal mendadak terjadi dan Anda harus sudah siap akan hal ini.