Salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat PT Vale yang inovatif dalam ajang ini, yaitu program Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) berbasis herbal yang disinergikan dengan program Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan tradisional (yankestrad).

Diintegrasikan dengan strategi promotive dan preventif kesehatan masyarakat melalui kolaborasi dengan para hatra (penyehat tradisional) dan asuhan mandiri (asman) di Puskesmas setempat.

Sebagi upaya menjamin keberlanjutan program, PT Vale memfasiltiasi pembangunan sarana layanan Panti Sehat yang dikelola para penggiat Himpunan Penggiat Herbal Organik (HIPHO) yang telah terlatih sejak tahun 2016 dan tersertifikasi BNSP.

Kepesertaan dan penerima manfaat program yang tergabung dalam HIPHO ini 95,7% diantaranya merupakan perempuan dan tersebar di 38 Desa/Kelurahan dan empat Kecamatan di lingkar tambang PT Vale.

Sesuai Rencana Induk PPM PT Vale 2018-2025, perseroan mengalokasikan biaya lebih dari 29 juta USD. Selama tahun 2021 sekitar 43.205 jiwa di wilayah pemberdayaan perusahaan yang menjadi penerima manfaat dari pelaksanaan PPM dengan jumlah dana 2,6 juta USD.

Rangkaian penjurian award ini diawali penyampaian makalah dan video profil kegiatan, pemaparan dihadapan para juri dari berbagai latar belakang seperti pemerintah, akademisi, praktisi pemberdayaan masyarakat, serta verifikasi lapangan.

PT Vale sebelumnya pernah menyabet penghargaan Subroto Award pada 2018 untuk Pengelolaan Lingkungan, dan 2019 untuk Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Kontrak Karya dan Izin Usaha Pertambangan Khusus.**