Rangkaian HPSN 2023 berlangsung mulai 21 Februari 2023. Di Sorowako, HPSN digelar selama sepekan penuh dengan menggaet para pemangku kepentingan.

Pada Senin dan Selasa (21-22/02/2023), PT Vale menggelar kampanye daur ulang sampah, yakni pelatihan pembuatan kompos untuk ibu-ibu Ikatan Keluarga Vale Indonesia (IKVI), dan pelatihan kreasi daur ulang sampah untuk siswa sekolah.

Kemudian, Kamis (24/02/2023), PT Vale menandatangani MoU ‘Stop Kantong Plastik’. Kesepakatan ini diteken bersama Bupati Luwu Timur Budiman, serta perwakilan Koperasi PT Vale, Indomaret, dan Alfamidi Cabang Sorowako.

Penandatanganan berlangsung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Morina, Kecamatan Nuha, Luwu Timur.

Para pihak juga menandatangani MoU dengan BPJS Tenaga Kerja, pekerja rentan Pemdes, dan Serikat Pekerja Bersatu Vale Indonesia (SPBVI). Kesepakatan disusul dengan penyerahan kartu BPJS-TK kepada para pejuang sampah.

Acara dirangkaikan juga dengan penyerahan tabungan pendidikan, kerja sama Ikatan Kontraktor Nasional PT Vale dengan Kecamatan Nuha dan Bank Mandiri.

Bupati Lutim Budiman menyampaikan, “Kesepakatan ini merupakan upaya menjaga lingkungan di Luwu Timur. Kalau masif kita lakukan, mudah-mudahan akan menjadi kebaikan bagi lingkungan.”

Sementara, Chief Operating Officer (COO) PT Vale Abu Ashar menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terwujudnya kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut.

Puncak peringatan HPSN 2023 di Sorowako berlangsung di Nursery PT Vale, pada Sabtu (25/02/2023). Serangkaian kegiatan dilakukan seperti, peluncuran ATM sampah, talkshow, hingga pembagian doorprize.

Aksi Bersih Lingkungan Hingga Talkshow Gaya Hidup Berbasis Herbal di Kolaka

Bersama pemerintah daerah, TNI/Polri, dan pelajar, PT Vale menggalakkan semangat peduli lingkungan dan merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Jumat (24/02/2023) di Blok Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara.