“Terima kasih kepada PT Vale karena mau melakukan pekerjaan yang luar biasa, mengumpulkan orang untuk ikut UKW, semoga bisa terus berkelanjutan. Tantangan hari ini kenapa ada uji kompetensi yaitu untuk memastikan apa yang kita tulis bisa kita pahami. Misalnya bahas tambang PT Vale, mungkin banyak istilah tambang yang tidak kita ketahui. Ketika menulisnya saja kita tidak paham, maka apa yang kita tulis bisa jadi masalah. Mari auto kritik. Ketika melabelkan diri sebagai wartawan, pastikan kita punya kemampuan,” ujarnya.

Tak lupa Agung mengingatkan agar peserta tetap kritis dalam memberitakan, termasuk topik yang berkaitan dengan PT Vale.

Hadirkan Talkshow Pertambangan Berkelanjutan hingga Bahaya Berita Hoax

Pelaksanaan UKW selama tiga hari, hari pertama diisi berbagai kegiatan pembekalan teori dan teknis seputar jurnalistik untuk peserta, serta talkshow dengan tema Pertambangan Berkelanjutan.

Hari pertama, Senin (15/05/2023) digelar Talkshow bahas “Urgensi Jurnalisme dan Kode Etik Jurnalistik dalam Perspektif Pertambangan Berkelanjutan” dibawakan oleh Head of Communications PT Vale Indonesia Tbk, Bayu Aji bersama Wakil Ketua Dewan Pers Indonesia, Agung Dharmajaya.

Pada paparannya, Bayu menyampaikan reputasi operasi keberlanjutan PT Vale telah diakui oleh lembaga kementerian.

Terbaru pengakuan dari Presiden Indonesia Joko Widodo Pada 30 Maret 2023 saat meresmikan Taman Kehati Wallacea.

Pada kunjungannya, presiden bahkan mengumumkan untuk menjadikan PT Vale kiblat bagi praktik pertambangan berkelanjutan di Indonesia.

“Sudah dua kali presiden datang ke Sorowako. Pertama pada 31 Maret 1977 Suharto datang meresmikan pabrik PT Inco. Kemudian datang Pak Jokowi pada 30 Maret 2023. Presiden selain meresmikan taman Kehati, juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT Vale, Ford, dan Huayou, “