RAKYAT.NEWS, Makassar – Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) hari ini disibukkan dengan Pelaksanaan seleksi CAT (Computer Asisted Test) bagi calon peserta seleksi Petugas Haji 1444 H/2023 M.

Seleksi ini dilaksanakan untuk menyaring Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 2023. Seleksi ini dilaksanakan secara serentak di Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kab/kota se Indonesia, Rabu, 25 Januari 2023.

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ikbal Ismail mengatakan seleksi ini bertujuan untuk menjaring petugas haji kloter atau non kloter untuk musim haji 2023.

“Tujuan dari seleksi adalah terjaringnya penyelenggara ibadah haji yang profesional dan kompeten baik aspek manajerial maupun teknis serta komitmen dalam melaksanakan tugas pembinaan, pelayanan, dan pelindungan bagi jemaah haji,” ungkap Ikbal dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu siang.

Seleksi calon petugas haji ini meliputi seleksi administrasi, CAT dan wawancara dan dilaksanakan dalam dua tahap. Pendaftaran sudah dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 20 januari 2023.

“Untuk tahap pertama, seleksi administrasi dan CAT tingkat kabupaten kota dan Kanwil yang tersebar di 25 titik lokasi,” jelas mantan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar ini, Rabu (25 Januari) di Aula Arafah Asrama Haji Makassar yang menjadi Lokasi Seleksi CAT untuk Kanwil Kemenag Sulsel

Menurut Kabid PHU Sulsel, setelah lolos pada seleksi tahap pertama ini, peserta akan mengikuti seleksi tahap kedua di tingkat Provinsi, meliputi seleksi CAT dan wawancara yang akan dilaksanakan di Kanwil.

Sementara itu, Afif Bahri Ketua TIM Pembinaan Petugas dan Jemaah Haji Reguler Bidang PHU mengatakan untuk Sulawesi Selatan, hingga hari ini tercatat 438 orang peserta yang mengikuti seleksi petugas haji.