JENEPONTO – Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023   merupakan salah satu program unggulan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Program ini salah satu lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Indonesia pasca pandemi.

Untuk ketiga kalinya dengan mengangkat tema “Pariwisata berkelas dunia untuk Indonesia bangkit”.

Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua mengatakan program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

“Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong terciptanya lapangan kerja dengan community base tourism yang dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa,” urainya. 

Dengan  kebangkitan ekonomi dari untuk membangun indonesia. 

Selain itu program ini dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Setelah sukses di tahun 2021 dengan 1. 831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3. 419 desa wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4. 573 Desa wisata terjaring dari  Sabang  sampai Merauke.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia Untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya. 

“Saya harap ini merupakan program yang tepat sasaran dengan  basic komunitas masyarakat yang  ada di desa, saya yakin jika kita bisa Beradaptasi, terus berkolaborasi dan berupaya meningkatkan inovasi dari Desa wisata kita bisa membuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024,” sambungnya. 

Dan akhirnya dari Desalah kita membangun indonesia” Kutip pernyataan penuh semangat mas Menteri, Sandiaga Uno. Inilah momentum kebangkitan pariwisata, di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Antusiasme ribuan desa wisata tersebut diharapkan mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.

Adapun kategori penilaian ADWI tahun 2023 meliputi sebagai berikut:

  1. Daya Tarik Pengunjung (Alam dan Buatan serta Seni dan Budaya)
  2. Homestay & Toilet
  3. Suvenir (Kuliner, Fesyen dan Kriya)
  4. Digital dan Kreatif
  5. CHSE & Kelembagaan Desa.

Kategori penilaian yang diusung diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan serta berstandar internasional untuk pariwisata Indonesia mendunia.

Potensi Desa Wisata Agrowisata Kassi, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan

Desa Wisata Agrowisata Kassi masuk ke dalam Visitasi ke 51 dari Rangkaian Visitasi 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023.

Terletak di kawasan pegunungan Kabupaten Jeneponto Kecamatan Rumbia, menjadikan Desa Kassi sebagai pertumbuhan agro yang subur dengan curah hujan yang tinggi, sehingga sangat mendukung wisata agro berdiri.

Desa Kassi atau yang biasa disebut Butta Panggallarrang ( pemberian gelar ) menjadi kawasan wisata bukan hanya agro, tetapi religi budaya, kuliner dan kesenian.

Datangki ke Desa Wisata Agro Kassi Kecamatan Rumbia kami dengan senang hati melayani anda dengan penuh ramah tamah.

Dari Jakarta, menuju Desa Wisata Kassi dapat melalui jalur udara, Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Hasanudin Makassar selama 2 jam 25 menit. Dilanjutkan perjalanan darat dengan waktu kurang lebih 3 jam 30 menit.

DAYA TARIK PENGUNJUNG ALAM DAN BUATAN

Agrowisata dan edukasi cocok tanam

Desa wisata Kassi memiliki keunggulan berupa daya Tarik agrowisata sekaligus edukasi bercocok tanam.

Disini pengunjung dapat langsung belajar cara pengolahan kopi secara tradisional, bercocok tanam buah dan sayur dan tentunya bisa merasakan pengalaman berharga memanen langsung buah dan sayur dan menikmati hingga menjadi buah tangan. Ditemani udara yang sejuk membuat berlibur di sini makin membuat betah dan nyaman.

Pemandian Mata Air Kassi (mulai dari 10 K)

Makin segar pengunjung juga dapat merasakan sensasi berenang di pemandian Mata Air yang menyegarkan dengan udara sejuk di kelilingi lahan agrowisata buah dan sayur yang memanjakan mata di Pemandian Kassi.

Rumah Daur Ulang

Di sini juga tersedia rumah daur ulang yang menjadi sarana edukasi untuk mendaur ulang sampah jadi rupiah.

Belajar Kuliner Khas

Ditambah lagi pengolahan kuliner khas pun menjadi paket wisata yang menarik, seperti pengolahan Lammang Bambu, Sate kuda dan Gantala Jarang Dll.

Air Terjun Garuntung (mulai dari 10 K)

Air terjun garuntung memiliki keindahan yang luar biasa, dengan susunan batu yang unik selain itu area air terjun di kelilingi perkebunan warga, sekitar 10 menit saja dari pusat desa Kassi wisatawan dapat langsung menikmati pemandangan air terjun.

Selain menikmati air terjun wisatawan bisa ikut langsung memanen sayuran atau bisa petik buah alpukat secara langsung dan beberapa buah lainnya. sepertinya wajib banget trekking kalau liburan ke Desa Kassi.

Dari segi seni dan budaya di sini juga ada Festival Galarrang Kassi dan aneka tari dan musik tradisional khas Makassar.

HOMESTAY & TOILET

Bagi pengunjung yang berwisata ke Desa Wisata Kassi, terdapat banyak sekali penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, sarapan pagi dan makan-makanan khas Desa Kassi tentunya dengan udara sejuk dan menyehatkan.

Beberapa homestay diantaranya adalah, Homestay Kassi mulai dari Rp. 150.000,- per malam.

Fasilitas umum di Desa Wisata ini sudah cukup baik seperti toilet bersih yang dibangun dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan warga.

SUVENIR

Beragam suvenir tersedia disini sekaligus edukasi pembuatannya. Dari aneka olahan buah dan sayur segar, kopi, lammang, olahan kuliner kuda hingga produk kain adat dan anyaman.

DIGITAL & KONTEN KREATIF

Desa Wisata Kassi memiliki website resmi maupun social media official. Kegiatan Beberapa akun yang dimiliki desa antara lain:Akun Facebook : Desa Kassi Rumbia Jeneponto

Aku KELEMBAGAAN DESA & CHSE n Instagram : @desakassirumbia / @kolamrenangkassi

KELEMBAGAAN DESA & CHSE

Kelompok Sadar Wisata dan Kelembagaan Desa di Desa Wisata Agrowisata Kassi sudah sangat baik dan termanajemen dengan baik, bahkan pengelolaan juga sangat transparan dan dapat diakses dengan mudah melalui akun officialnya yang dikelola Pokdarwis/Pengelola Desa Wisata Kassi

Terkait CHSE, Desa Wisata Kassi pun senantiasa menjaga kebersihan dan menyediakan sarana prasana CHSE memadai dan termasuk perihal mitigasi bencana dan kebersihan kampungnya.