MAKASSAR – Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta. Anre Gurutta (AG) Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, mengingatkan kepada kader Pergerakan Mahasiswa IsIam Indonesia (PMII) untuk memiliki konsep untuk menjadi seorang cendekiawan.

Menurutnya, PMII itu harusnya mengunakan konsep kecendekiawanan bukan intelektualitas, bukan keilmuan.

“Kalo ilmuan, saintis, dia hanya ilmu untuk ilmu, dia ilmuan sih tapi ngak pernah komunikasih sama tetangganya tuh, dia cuiek dengan yang bukan dosenya yang mengajarkan langsung, yang dianggap guru ya siapa yang mengajarkan dirinya itulah ilmuan,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar menghadiri kegiatan Istighosah Kebudayaan dan Temu 1000 Kader Pergerakan yang dilaksanakan oleh Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa IsIam Indonesia (PMII) Metro Makassar di Auditorium KH. Muhyiddin Zain-UIM, Sabtu (23/12/2023).

“Tapi kalo intelktual, siapapun yang pernah diserap ideologinya, spritnya, keteladannya, walaupun tidak pernah diajar tetapi tetap dia sebagai iteltual, jadi intelektualitas itu caer terhadap tetangganya. Jadi peka terhadap lingkungan itulah intelektual itu dia pintar untuk dirinya sendiri, tapi ingin kepentitaranya itu dirasakan oleh orang disekitarnya,” ucapannya.

Prof. Nasaruddin Umur mengatakan sebaga PMII jangan hanya manjadi ilmuan, tapi punya Caer, punya rasa terhadap orang-orang disekitarnya, itu intelektual.

“Kalo cendekiawan selain dia ilmuan (pintar), dia itelektual caer terhadap lingkungan sekitarnaya. Tapi cendikiawan adalah caer juga terhadap umat, caer juga dengan bangsanya, caer juga dengan manusianya, caer juga denga lintas batas batas lintas degara itulah cendekiawan,” pungkasnya.

Dengan demikian, sambungnya, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia referensinya mestinya adalah kecendekiawanan, seorang kader PMII tidak hanya menjorkan dirinya sebagai ilmuan, apa artinya kita ilmuan tetapi tidak diarasakan keilmuan kita itu oleh orang lain.