MAKASSAR – Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar ujian tutup. Ujian berlangsung dari pukul 09.00 wita hingga pukul 02.30 wita, bertempat di gedung UIT Makassar Jl. Rappocini Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu 15 Mei 2024.

Ketua Program Studi (Kaprodi) UIT Makassar, Dr. Patawari, SH.MH mengatakan ujian hasil atau tutup mahasiswa dan mahasiswi yang dilaksanakan pada hari ini berlangsung di pascasarjana atau ruang magister hukum Universitas Indonesia Timur

Bahwasanya, bagi seorang mahasiswa. Dia dinyatakan telah memenuhi berbagai macam persyaratan akademik dan administratif yang diwajibkan, sehingga jika dinyatakan lulus maka secara legitimasi berhak menggunakan gelar Magister Mukum (MH).

“Mahasiswa/i yang sudah ujian hasil atau tutup ini, berjalan lancar dan sesuai jadwal. Selanjutnya kedepan akan dilakukan wisuda sesuai kelender akademik, untuk di bagian SK judicium, sehingga mahasiswa ini, sah atau secara legalitas formal berhak sempurna mengenakan gelar akademik sebagai Magister Hukum (MH). Silahkan digunakan gelarnya, sambil menunggu Wisuda,” sebutnya.

Selanjutnya kata, Ahli Hukum Tata Negara (HTN) tersebut, akan dilakukan Wisuda terhadapnya mahasiswa/i pascasarjana yang akan dijadwalkan sekitar pada bulan Agustus 2024 nanti. Namun ini akan bersifat tentatif berdasarkan ketentuan Rektor UIT, sebagai pimpinan yang punya kewenagan mengatur terkait wisuda yang biasanya dilaksanakan di hotel berbintang di Makassar.

Dijelaskan, Wisuda merupakan proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada perguruan tinggi yang berguna sebagai tanda pengukuhan atas selesainya studi.

“Jadi Wisuda digelar dengan melibatkan proses pelantikan melalui rapat senat terbuka. Nah, perlu kita ketahuilah, bahwa Wisuda dilangsungkan untuk semua lulusan program studi dalam suatu perguruan tinggi dilingkup UIT”, ujarnya.

Ditambahkan, bahwa untuk angkatan 2022 maka seyogyanya mahaiswa tersebut sudah selesai tepat waktu 2 tahun atau 4 semester. Sebuah prestasi besar jika bulan 5 sampai dengan 9 ini dapat menyelesaikan seluruh angkatan tahun 2022 artinya selesai secara tepat waktu.