Bulungan – FKM Unhas lakukan sinergitas bersama Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Baca juga : Peringati Harganas Danny Target Zero Stunting Hingga 2024 Dengan Libatkan Detektor Makassar Recover

Hal itu merupakan bentuk dukungan FKM Unhas sebagai fasilitator pengembangan Orientasi Kader dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Posyandu di Kabupaten Bulungan dalam upaya pencegahan serta pengendalian stunting.

Sinergitas yang terjalin antara keduanya berlangsung di ruang Serba Guna Kantor Bupati Bulungan, Senin 27 September kemarin.

Kegiatan yang secara resmi, dibuka Bupati Bulungan, Syarwani, turut dihadiri Sekda Bulungan Drs. H. Syafril, perwakilan dari Bappeda, Dinas PMD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan serta Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bulungan.

Dalam sambutannya, Bupati Bulungan mengharapkan kegiatan orientasi ini nantinya dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para kader posyandu.

“Terutama dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan posyandu di desa masing-masing salah satunya yakni upaya pengendalian stunting,” katanya.

Selain itu kata Syarwani, diharapkan posyandu juga berperan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang belum usai.

Sementara, Fasilitator kegiatan Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes dari Departemen Epidemiologi dan Dr. Abdul Salam, SKM, M,Kes memberikan empat materi upaya kesehatan di posyandu sebagai pencegahan stunting.

Di antaranya, Komunikasi Antar Pribadi dalam Upaya Kesehatan di Posyandu pada Adaptasi Kebiasaan Baru, Pelaksanaan upaya Kesehatan di Posyandu pada Adaptasi Kebiasaan Baru serta Rencana Tindak Lanjut.

Melalui kegiatan ini, FKM UNHAS diharapkan  dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan persentase posyandu aktif sehingga permasalahan gizi terutama masalah stunting dapat diturunkan di wilayah mereka,” papar Wahiduddin.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 65 peserta yang berasal dari 10 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan terdiri dari Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, Aparat Desa, Pokja Posyandu Desa, PKK Desa, Promosi Kesehatan Puskesmas serta TP-PKK Kabupaten Bulungan.