RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa wabah polio sedang menyebar di seluruh dunia. Tidak hanya itu, ia juga membahas adanya peningkatan kasus tuberkulosis (TBC).

“Kita harus mewaspadai bahwa sekarang ini di seluruh dunia outbreak (wabah) polio itu terjadi lagi. TBC juga naik,” kata Jokowi di Posyandu Rajawali 3, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Dengan temuan tersebut, Jokowi meminta Indonesia untuk tetap waspada dengan cara meningkatkan program vaksinasi polio. Dia menekankan pentingnya setiap anak di Indonesia mendapatkan vaksin polio untuk mencegah kasus lumpuh.

“Sehingga kita ingin mendahului untuk daerah-daerah yang vaksin polionya masih rendah, Kemenkes, Dinkes dikerahkan semuanya agar semuanya sudah mendapatkan vaksin polio,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga membahas kasus stunting di Indonesia yang masih menjadi masalah, meskipun angka kasus tersebut telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Ia menyebutkan bahwa sepuluh tahun lalu, persentase kasus stunting mencapai 37 persen, namun saat ini angka tersebut telah menurun menjadi 21 persen. Pemerintah menargetkan angka stunting bisa turun hingga 14 persen.

“Tapi 21 menuju ke 14 ini memang tidak secepat yang sebelumnya,” beber Jokowi.

“Karena memang stunting itu bukan hanya menyangkut makanan tambahan, makan bergizi, tapi juga sanitasi. Lingkungan tempat tinggal, rumah, air bersih. Semuanya harus terkonsolidasi dengan baik. Itu yang terus kita lakukan,” imbuhnya.