RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Guna meningkatkan ketertiban, kebersihan, dan keindahan di lingkungan atau emplasemen Stasiun Kemayoran khususnya di area jalur Kereta Api (KA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Kelurahan, Polsek, dan Pol PP melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di area jalur KA pada hari Rabu (7/8/2024).

Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, menuturkan bahwa ada sekitar 108 personil dari pekerja internal Daop 1, 6 personil Pol PP, 10 personil PPSU, 2 personil BKO Marinir, dan Polsek setempat melakukan kolaborasi giat bersih-bersih bersama dengan tujuan untuk menjaga ketertiban, kebersihan, dan keindahan di lingkungan emplasemen Stasiun Kemayoran dan jalur KA.

“Bersih-bersih ini dilakukan mulai dari Stasiun Kemayoran, Stasiun Rajawali, Stasiun Ancol, dan akan berakhir di Stasiun Tanjung Priok. Hal ini dilakukan karena adanya warga masyarakat baik yang berada di sekitar jalur KA maupun yang di luar jalur KA tanpa sadar diri membuang sampah di area jalur KA,” kata Ixfan.

Sebelumnya telah terekam video amatir beberapa warga membuang sampah di KA barang yang pada saat itu berhenti sejenak di Stasiun Kemayoran untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan Stasiun Tanjung Priok.

“Kami melalui tim pengamanan (POLSUKA) adakan pendekatan dengan cara persuasif melakukan sosialisasi langsung ke rumah-rumah warga sekitar jalur KA untuk tidak lagi membuang sampah, dan berada di area terlarang jalur KA, demi keselamatan warga sendiri, keselamatan perjalanan KA, dan adanya potensi bahaya kebakaran yang ditimbulkan adanya sampah,” tutur Ixfan.

KAI telah mengirimkan surat kepada dinas terkait perihal pemberitahuan adanya pelanggaran warga yang dengan sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya, dan juga meminta bantuan tenaga kebersihan untuk mengikuti giat bersih-bersih bersama.

Hadir dalam kegiatan bersih-bersih bersama Eksekutif Vice President KAI Daop 1 Jakarta Yuskal Setiawan, dan didampingi jajarannya, Ibu Lurah Gunung Sahari Selatan dan jajaran, Kepolisian sektor Gunung Sahari Selatan, Bko Marinir, dan Pol PP.

Dalam sambutannya dari KAI Daop 1 Jakarta pada saat apel bersama persiapan giat bersih-bersih yang diwakili oleh Deputy Eksekutif President dua (Deputy II), Bapak Ali Fandi menginstruksikan untuk pelaksanaan bersih-bersih lingkungan ini dengan tujuan menciptakan ketertiban, kebersihan, dan keindahan di lingkungan Stasiun dan Jalur KA.

“Dengan begitu, para pelanggan akan merasa nyaman dalam menggunakan transportasi KA. Pada pelaksanaannya agar semua peserta selalu menjaga keselamatan, baik keselamatan diri sendiri, orang lain, khususnya keselamatan perjalanan KA,” kata Ali.

Sementara itu, Dewi Rozana Zulkifli selaku Lurah Gunung Sahari Selatan memberikan sambutan bahwa dengan dilakukan kolaborasi antara PT KAI Daop 1 Jakarta dengan Kelurahan Gunung Sahari Selatan beserta instansi terkait lainnya, maka permasalahan ketertiban, kebersihan, dan keindahan Stasiun dan lingkungan lainnya akan bisa terjaga dengan baik.

“Tentunya, pihak kelurahan tidak akan bisa mengatasi masalah sampah sendirian. Untuk itu, dengan giat bersih-bersih bersama ini, permasalahan sampah akan dengan mudah kita tangani. Namun, kami akan terus melakukan pendekatan secara baik-baik pada warga kami agar secara sadar tidak membuang sampah sembarangan,” kata Dewi.

KAI Daop 1 Jakarta memberikan apresiasi kepada Kelurahan, Pol PP, BKO Marinir, dan Kepolisian Sektor Gunung Sahari yang telah berpartisipasi membantu mengatasi permasalahan sampah yang ada di wilayah Stasiun dan di jalur KA.

Ixfan berharap pada giat kali ini dapat memicu wilayah lain lingkungan KAI Daop 1 Jakarta untuk bisa melakukan hal yang sama.

“Kemudian kami menyampaikan dan menghimbau kepada warga masyarakat, di samping turut serta dalam menjaga keselamatan perjalanan KA, juga segera melaporkan jika mendapati adanya oknum atau tindakan vandalisme yang berpotensi mengganggu keamanan, kelancaran, dan keselamatan perjalanan KA untuk bisa melaporkan langsung ke CC 121 dan petugas di Stasiun terdekat,”Pungkasnya.

Wassalam,
*Humas KAI Daop 1 Jakarta*
*Ixfan Hendriwintoko*