RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sedang menerima pendaftaran untuk seleksi 61 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024. Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp7,8 juta hingga Rp12,2 juta.

Informasi tersebut diumumkan melalui Pengumuman Nomor: B/54/S.KP.01.00/2024 mengenai Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian PANRB untuk Tahun Anggaran 2024.

“Sehubungan dengan pengadaan pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024, bersama ini kami sampaikan bahwa Kementerian PANRB membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk menjadi CPNS yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian PANRB,” tulis Kemenpan RB dikutip dari website resminya, Rabu (28/8/2024).

Berbagai posisi CPNS yang tersedia meliputi perancang peraturan perundang-undangan ahli pertama, perencana ahli pertama, pranata komputer ahli pertama, analis hukum ahli pertama, analis kebijakan ahli pertama, hingga analis sumber daya manusia yang menawarkan gaji sekitar Rp9,6 juta hingga Rp12,2 juta.

Selain itu, posisi pranata komputer terampil menawarkan gaji sekitar Rp7,9 juta hingga Rp10,1 juta. Dan terdapat juga posisi pranata keprotokolan dengan gaji sekitar Rp7,8 juta hingga Rp10,4 juta.

Formasi CPNS terbagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan khusus. Kategori khusus terdiri dari putra/putri Papua, putra/putri Kalimantan, lulusan terbaik berpredikat cumlaude, dan penyandang disabilitas.

Pendaftaran dibuka mulai 20 Agustus dan ditutup pada 6 September. Proses seleksi terdiri dari tiga tahap, yaitu administrasi, kompetensi dasar, dan kompetensi bidang.

Seleksi kompetensi dasar melibatkan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan seleksi kompetensi bidang mencakup ujian berbasis CAT, psikotes, praktik kerja, dan tes tambahan.

Terkait informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran CPNS 2024 di Kemenko Perekonomian Ri, berikut linknya https://www.menpan.go.id/