RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menganggap bahwa transisi pemerintahan pada akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo sebagai yang paling sukses sepanjang sejarah Republik Indonesia.

“Ini transisi pemerintahan terbaik, mulus. Rakyat pun mendukung penuh Prabowo-Gibran yang segera akan memerintah sebagai pelanjut Pak Jokowi,” kata Budi Arie, Jumat (13/9/2024), mengutip Antara.

Pada Jumat (13/9/2024) pagi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, memimpin Sidang Kabinet Terakhir di Istana Garuda IKN. Para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang juga presiden terpilih, turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta kepada para menteri untuk menjaga kondisi yang aman menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Presiden Jokowi memberi instruksi agar seluruh jajaran KIM mendukung penuh program presiden terpilih dan memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif agar pelayanan publik tidak terganggu. Begitu juga regulasi yang dibutuhkan untuk mendukung pemerintah baru perlu dirampungkan segera agar pemerintahan baru bisa langsung bekerja melayani rakyat,” ucap Budi Arie.

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya peran TNI dan Polri dalam mengawal proses transisi pemerintahan untuk memastikan berjalan dengan lancar.

“Presiden Jokowi menyampaikan di hadapan TNI dan Polri bahwa Indonesia tengah berada di titik penting yakni transisi kepemimpinan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta adanya Pilkada. Sehingga peran dan fungsi TNI Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan betul-betul sangat krusial,” ujar Budi Arie.

Sesuai jadwal Pemilihan Presiden, pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka direncanakan akan dilantik pada tanggal 20 Oktober mendatang.