Batu Panjang, Tempat Angker Yang Kini Jadi Kawasan wisata

  • Whatsapp

Rakyat News, Bombana – Batu Panjang terletak di Desa Baliara, Kec. Kabaeba Barat, Kab. Bombana, Sultra, Daerah yang dulunya angker bagi masyarakat, kini disulap menjadi kawasan wisata mangrove.

disebut batu panjang, sebab dikawasan tersebut terdapat batu yang melintas dari pinggir pantai sampai ke gunung batu sangia, Menurut masyarakat setempat, kawasan batu panjang dulunya sangat angker & kerab dijadikan tempat penyembahan serta penyerahan sesajen.

Bacaan Lainnya

Potret Batu Panjang, dan kawasan mangrove yang sedang dalam tahap penanaman
Potret Batu Panjang, dan kawasan mangrove yang sedang dalam tahap penanaman

Kpala Desa Baliara, H. Hamka mengatakan bahwa adanya kawasan wisata ini adalah saran dari Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggaraa.

“Awalnya orang-orang dari provinsi turun meminta tanah itu dihibahkan, Sebab tanah yang kini menjadi pemukiman tersebut masuk dalam daftar kawasan hutan lindung, Secara aturan, pemukiman harus dipisah dengan kawasan hutan lindung, Lalu kami diberikan solusi agar melapor sesuai prosedur agar pemukiman tadi dikeluarkan dari daftar hutan lindung”, jelasnya saat diwawancarai dikediamannya, Jum’at (14/02/20)

lanjut Hj. Hamka, sebagai seorang Kepala desa tentunya mempunyai master plan dimana tercetus ide untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi destinasi wisata mangrove.

“Singkat cerita, setelah disampaikan kepada masyarakat bahwa akan membangun tempat wisata di tanah itu, kemudian kami koordinasi dengan pihak pusat, Tepat di akhir 2019, mereka datang & akhirnya wilayah tersebut dipisah antara pemukiman & hutan lindung, Setelah mendapat izin, mulailah dibangun kawasan wisata mangrove tersebut dimana pada awal tahun 2020 ini sudah dikunjungi oleh masyarakat”, tuturnya.

Hamka berharap agar kedepannya kawasan wisata mangrove ini lebih ditata sebaik-baiknya agar kiranya dapat dinikmati oleh masyarakat secara optimal.

 

Penulis: Dion Permana

Editor  : Muh. Irfan Mahmud

Pos terkait