RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Arya Sinulingga memberikan tanggapan terhadap pernyataan Asosiasi Sepak Bola (FA) Bahrain yang ingin menggelar pertandingan melawan Timnas Indonesia di luar negeri.

Arya menjamin keselamatan dan kenyamanan tim Bahrain saat berkunjung ke Indonesia untuk pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dijadwalkan pada bulan Maret 2025.

“Kami akan membuat surat ke AFC yang menyatakan bahwa pertandingan tetap fair di Jakarta. Kami akan menjamin keamanan dan kenyamanan tim Bahrain sebagai tamu,” ujar Arya di Jakarta, Rabu (16/10/2024) mengutip CNNIndonesia.

Arya memastikan bahwa rombongan Bahrain tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke Indonesia. Menurutnya, masyarakat Indonesia menghormati dan menjaga kesopanan terhadap orang lain.

“Bangsa kita ini bangsa yang ramah terhadap tamu. Jadi kenyamanan pasti diutamakan untuk mereka,” kata Arya.

Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah, apalagi Indonesia sudah membuktikan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dengan baik, aman, dan nyaman,” tambahnya.

Sebelumnya, FA Bahrain terkejut oleh serangan siber dan ancaman pembunuhan yang diterima dari beberapa netizen Indonesia.

“Asosiasi Sepak Bola sangat terkejut dengan banyaknya ancaman pembunuhan terhadap pemain di akun media sosial mereka. Ini merefleksikan betapa warga Indonesia mengabaikan keselamatan nyawa manusia,” tulis FA Bahrain di Instagram, Rabu (16/10).

FA Bahrain menganggap hal tersebut jauh dari semangat sportivitas dalam dunia olahraga. Mereka menyatakan kekhawatiran untuk membawa para pemain dan staf ke dalam situasi yang berisiko.

“Asosiasi akan mengajukan permintaan pemindahan pertandingan dari Indonesia demi menjaga keselamatan tim nasional,” lanjut bunyi pernyataan Bahrain FA.