Secara keseluruhan, tren ekonomi Sulsel terus bergerak menuju target. Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Sulsel lebih tinggi dibandingkan capaian nasional, walaupun masih membutuhkan effort yang lebih kuat untuk meraih target yang diharapkan tumbuh 6,10 persen (yoy). Inflasi yang terkendali turut berkontribusi terhadap perbaikan kondisi kesejahteraan masyarakat Sulsel. Seluruh indikator kesejahteraan tercatat berhasil memenuhi target RKPD Provinsi Sulsel Tahun 2021 dengan capaian yang lebih baik dari capaian nasional, kecuali pada indikator NTP. Target NTP dalam RKPD Provinsi Sulsel disasar mencapai 105,82 dan rata-rata capaian NTP nasional selama triwulan III 2021 tercatat 104,61.

Capaian indikator makroekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sulsel tidak lepas dari program pemerintah yang tertuang dalam APBN maupun APBD. Dari sisi APBN saja, realisasi pendapatan APBN hingga akhir triwulan III 2021 mencapai Rp7,99 triliun atau 61,23 persen dari target Rp13,06 triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 0,42 persen (yoy). Sedangkan dari sisi Belanja Negara, komponen Belanja Pemerintah Pusat tercatat mengalami ekspansi 8,69 persen dengan realisasi Rp12,98 triliun dari pagu Rp20,22 triliun. Penurunan pada komponen Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar 13,17 persen (yoy) dengan realisasi 21,76 triliun dari pagu Rp30,53 triliun menyebabkan Belanja Negara secara keseluruhan terkontraksi sebesar 6,11 persen (yoy).

Dalam mempertahankan tren positif perbaikan ekonomi ini tentu banyak upaya yang dapat kita lakukan secara bersama baik di tingkat Regional maupun tingkat Nasional. Di regional Sulsel, upaya menjaga tren positif pertumbuhan salah satunya adalah dengan meningkatkan sektor-sektor unggulan pengungkit pertumbuhan, misalnya melalui pengembangan Rumput Laut dan Padi sebagai komoditas unggulan daerah Sulsel.

Dengan jumlah produksi rumput laut terbesar di Indonesia, Sulsel memiliki potensi yang besar untuk menjadikan pengembangannya sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, guna mendukung program strategis nasional untuk menjadikan Sulsel sebagai lumbung pangan nasional, maka pengembangan komoditas Padi juga perlu menjadi perhatian pemerintah.