“Karena itulah, kepala daerah dan pejabat pemerintah saya minta untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan saling bekerja sama mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” imbuhnya.

Terakhir, Jokowi tentunya menyampaikan rasa duka cita mendalam atas para korban dari erupsi Gunung Semeru tersebut.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua,” ucapnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi dan mengakibatkan terjadinya banjir lahar dan guguran awan panas dari puncak, Sabtu (4/12/2012) pukul 14.47 WIB. Daerah yang terkena dampak berada di Kecamatan Candipuro, Pronojiwo dan Pasirian.

Hingga saat ini, tercatat 13 orang meninggal dunia, 96 orang luka-luka dan 41 diantaranya mengalami luka bakar dan dilarikan ke RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara.

Baca Juga: 11 Desa Terdampak, DMI Siapkan Masjid untuk Pengungsi Erupsi Semeru

Sementara itu, terdapat 17 titik pengungsian dengan jumlah pengungsi sejumlah 902 jiwa. Kerusakan permukiman dan infrastruktur masih dalam pendataan tim gabungan.