KARAWANG – Video viral yang menampilkan kecelakaan dalam pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung beredar di media sosial, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga : Viral, 2 Vila Pulo Cinta Disapu Badai

Dalam video tersebut menampakkan sebuah pilar proyek kereta yang roboh, jatuh menimpak dua mobil eskavator di sekitarnya.

Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan kejadian tersebut terjadi saat pembongkaran pilar kereta cepat.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kejadian ini terjadi saat melakukan pembongkaran pilar atau pier kereta cepat Jakarta-Bandung. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena operator yang menjalankan eskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum reruntuhan menimpa,” jelasnya.

Dwiyana menyebutkan, pembongkaran dilakukan usai menerima masukan dari tim quality PT KCIC dan supervisi CDJO.

“Pembongkaran dilakukan usai menerima masukan dari tim quality PT KCIC dan supervisi CDJO. Pasalnya, terdapat temuan pergeseran alignment pekerjaan pilar di DK46, Teluk Jambe, dan Karawang. Sehingga, kami menginstruksikan kontraktor untuk melakukan pembongkaran dan dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis,” tuturnya.

Menurutnya, pembongkaran tersebut sudah ditetapkan aspek keselamatan konstruksi. Namun, dari hasil investigasi, kontraktor melanggar SOP hingga pilar kereta cepat ambruk.

Baca Juga : Polisi Dalami Dugaan Tindak Pidana Video Viral Siskaeee di Twitter