JAKARTA – Setelah hampir dua tahun sejak pandemi COVID-19, Apple akhirnya membuat varian terbaru dari beberapa fiturnya, salah satunya pengguna iPhone dapat membuka kunci Iphone menggunakan fitur Face ID meski menggunakan masker.

Fitur pengenalan wajah alias Face ID dikabarkan telah melalui tahap pengujian awal pada versi iOS 15.4 yang juga pada versi tersebut telah melalui tahap pengujian beta.

Baca Juga: 3 Pernyataan Mahfud MD Tentang Semua Pemeluk Agama Dapat Perlakuan Sama

Dalam sebuah tangkapan layar, dikatakan Fitur tersebut dapat mengautentikasi dan mengenali area pada sekitar mata, namun disebutkan fitur Face ID dapat bekerja lebih maksimal apabila diatur untuk bekerja mengenali wajah secara penuh.

iPhone Membuat Fitur Face Id Terbaru, Kenali Wajah Meski Menggunakan Masker (Dok. Istimewa)
Tangkapan layar pada penguna iPhone (Dok. Istimewa)

Fitur terbaru ini akan berfungsi pada versi iPhone terbaru seperti pada seri iPhone 12 dan iPhone 13 yang berarti pada iPhone dengan seri lama seperti iPhone 11 ke bawah disebut belum bisa menggunakan fitur terbaru tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, berikut langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur Face ID pada iPhone saat menggunakan masker:

  1. Buka Setting di iPhone,
  2. Masuk ke fitur Face ID & Passcode, dan masukan Passcode yang anda miliki,
  3. Geser halaman ke bawah diikuti oleh ‘Gunakan Face ID With a Mask’ untuk mengaktifkan dan menonaktifkan opsi tersebut.

Selain pengenalan wajah menggunakan masker, fitur unik seperti penambahan kacamata dapat juga diakses pada fitur ini. Dengan tambahan ini, Face ID akan dengan mudah mengenali wajah pengguna yang memakai masker serta kacamata.

Baca Juga: Nicholas Saputra Ungkap 2 Usahanya Perankan Anggota Densus 88

Tetapi Apple juga memperingatkan fitur ini tidak akan berfungsi apabila pengguna mengenakan kacamata hitam.