BANDUNG – Pada tanggal 25 Oktober 2012 Kabupaten Pangandaran, yang terletak di Provinsi Jawa Barat dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis, kini memiliki Polres tersendiri terlepas dari Polres Ciamis, Rabu(9/2/2022).

Baca Juga : Polres Bone Sergap 4 Pengedar Narkoba Antar Kabupaten

Dalam kurun waktu 9 tahun, sejak 2012 hingga 2021,Kabupaten Pangandaran wilayah hukumnya masih bergabung dengan Polres Ciamis, yang selama ini membawahi dua wilayah yaitu Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

Sebelumya, pada tanggal 13 januari 2022 rombongan Polda Jabar yang dipimpin Wakapolda, Brigjen Pol Bariza Sulfi beserta Pejabat Utama Polda Jabar mengunjungi Pangandaran untuk meninjau lokasi pembangunan gedung Mapolres Pangandaran yang terletak di Jalan Raya Cijulang.

Sedangkan, kantor sementara Polres Pangandaran akan ditempatkan di gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pangandaran.

Kapolres Ciamis, AKBP Wahyu Broto Narsono menjelaskan Kemenpan RB telah mengesahkan struktur Mapolres Pengandaran pada tanggal 11 Januari 2022.

“Sudah disahkan strukturnya. Kami internal Polri harus ada struktur dulu, baru ada bangunan,” jelasnya.

Terkait waktu peresmian Polsek Pangandaran, Ia belum mengetahui waktu pastinya, dan rencananya personel berasal dari Mabes Polri

“Saya masih menunggu arahan Mabes Polri terkait kapan waktunya akan ada Polres Ciamis, sedangkan seluruh yang nantinya akan di tempatkan di Polres Pangandaran semua berasal dari Mabes Polri,” ungkapnya.

Sementara, di tanggal 29 Januari 2022 sebanyak 30 personel Bintara Remaja dengan penempatan Polres Ciamis menjalani orientasi lapangan di Kabupaten Pangandaran, yang nantinya akan di tempatkan di Polres Pangandaran.

Baca Juga : Gandeng Dinas PM-PTSP, Kini Samsat Jeneponto Hadir Layani Warga Di Tamalatea